SOLOPOS.COM - SPBU Pertamina atau pom bensin berwarna hijau. (Pertamina.com)

Solopos.com, SOLO — Berbeda dengan warna merah dan biru, SPBU Pertamina atau pom bensin hijau ternyata tidak menjual bahan bakar minyak jenis solar dan premium.

SPBU warna hijau memang lebih jarang ditemukan dibandingkan pom bensin warna biru dan merah. Karena baru 2021, Pertamina meluncurkan pom bensin warna ini.

Promosi Moncernya Industri Gaming, Indonesia Juara Asia dan Libas Kejuaraan Dunia

SPBU warna hijau ini mengusung konsep ramah lingkungan, atau yang disebut dengan Green Energy Station.

Baca Juga:  Pom Bensin Warna Biru Lebih Lengkap Dibanding Merah, Ini Isinya!

Sehingga jelas perbedaaannya dengan pom bensin warna merah dan biru.

Manager Corporate Secretary & Legal PT Pertamina Retail Achmad Wahyudi mengatakan, GES ini diluncurkan oleh PT Pertamina (Persero) melalui Sub Holding Commercial & Trading atau Pertamina Patra Niaga. Sudah ada sebanyak 76 SPBU GES yang diluncurkan oleh Pertamina Patra Niaga.

Baca Juga:  Masjid Tertua di Sukoharjo Ini Dibombardir Belanda, Tapi Tak Hancur

Diberitakan Solopos.com sebelumnya dari Pertaminaretail.com, karena mengusung konsep green energy, SPBU Pertamina warna hijau tidak menjual premium dan solar, melainkan berisi stasiun pengisian kendaraan listrik imum (SPKLU) atau charging station dan stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU).

Sementara itu, SPBU warna merah lebih dulu dikenalkan pada 2006 dikenal dengan semboyan Pasti Pas dan memiliki papan warna merah. Demikian juga bagian bangunannya berwarna merah, termasuk petugas pengisian mengenakan seragam warna merah.

Baca Juga:  Tradisi Puasa Ramadan di Solo Ini Telah Tiada, karena Dianggap Bahaya

Bahan bakar minyak yang dijual di SPBU Pertamina warna merah juga cukup lengkap, mulai dari premium, pertalite, pertamax, solar, dan pertamina dex. Jumlah SPBU ini juga cukup banyak sehingga mudah dijumpai.

Lalu, pada 2015 PT Pertamina juga meluncurkan SPBU warna biru dengan tambahan tulisan Pasti Prima. Memiliki petugas pengisian yang mengenakan seragam warna merah dengan kombinasi abu-abu.

Baca Juga:  Ini Hukum Sebenarnya Menukar Uang Baru saat Lebaran Menurut Islam

Kemudian ciri utama yang tampak secara fisik adalah bangunan SPBU warna biru yang tentu memiliki papan berwarna biru dan bangunan didominasi warna biru. Jumlahnya belum sebanyak SPBU warna merah.

Berbeda dengan SPBU warna merah, pada SPBU Pertamina warna biru fasilitas untuk konsumen cukup lengkap. Selain fasilitas yang ada di SPBU warna merah, terdapat tambahan seperti kafe, ATM, bengkel, kios makanan, penjualan pelumas dan LPG, nitrogen, hingga restoran cepat saji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya