Berbahaya! Pemudik Lewat Tol Harap Waspadai Microsleep

Kapolres Madiun AKBP Ruruh Wicaksono mengimbau kepada para pemudik yang melalui jalan tol untuk lebih berhati-hati dan jaga kecepatan kendaraan.

Berbahaya! Pemudik Lewat Tol Harap Waspadai Microsleep

SOLOPOS.COM - Ilustrasi mudik. (Solopos-Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, MADIUN -- Kapolres Madiun AKBP Ruruh Wicaksono mengimbau kepada para pemudik yang melalui tol untuk lebih berhati-hati dan jaga kecepatan saat melaju. Selain itu, para pemudik juga harus mewaspadai kondisi microsleep atau tertidur secara tiba-tiba dalam waktu singkat.

"Di jalan tol ini cukup rawan kecelakaan. Yang perlu diwaspadai pengemudi di jalan tol itu kondisi yang kita kenal dengan istilah microsleep. Microsleep itu tertidur sesaat 30 detik sampai 1 menit. Tiba-tiba mata kita melek dan kurang sadar kalau sedang mengemudi," kata Ruruh, Jumat (31/5/2019).

Kondisi microsleep ini, ungkap dia, sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Untuk itu, Ruruh meminta kepada seluruh pemudik yang mengantuk supaya bisa beristirahat di rest area.

Dia mengingatkan supaya para pemudik tidak memaksakan saat kondisi badannya sudah lelah dan mengantuk. "Kalau mengemudinya bersama teman, ya gantian nyetir-nya. Diajak ngobrol temannya saat perjalanan," ujarnya.

Kalau memang benar-benar sudah tidak kuat saat di perjalanan dan tidak menemukan rest area, urai dia, pengemudi bisa sejenak istirahat di pinggir jalan. Setelah bugar baru melanjutkan perjalanan.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Madiun, AKP Imam Mustolih, menambahkan titik rawan laka yang perlu diwaspadai yaitu di Jalan Raya Madiun-Surabaya, Desa Garon, Balerejo, atau pintu keluar Exit Tol Dumpil belok ke kiri.

"Kami akan menambah rambu-rambu di jalan tol. Kami berharap pemudik bisa mematuhi kecepatan di jalan tol. Jangan sampai over speed," terang Imam. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya 

Berita Terkait

Berita Terkini

Isi Libur Lebaran dengan Wisata Keliling Solo Naik Bus Tingkat

Berwisata keliling Kota Solo naik bus tingkat bisa jadi pilihan isi libur Lebaran.

Libur Lebaran 2021, Mal di Solo Baru Ramai Pengunjung

Sejumlah warga mulai menyerbu pusat perbelanjaan dan mal di kawasan Solo Baru saat libur Lebaran 2021.

Ditumpangi 20 Penumpang, Perahu Wisata di Waduk Kedungombo Kemusu Boyolali Tenggelam

Kecelakaan air terjadi di Waduk Kedungombo kawasan Dukuh Bulu, Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (15/5/2021).

Korban Perampokan Di Bekasi Diperkosa saat Main Tik Tok

Perampok menyatroni rumah warga di Bintara, Bekasi Barat, Kota Bekasi dan memperkosa korban berusia 15 tahun.

Setelah Sepeda Motor, Kini Giliran Becak Masuk Tol

Sebuah video pria mengayuh becak dengan membawa penumpang masuk Tol Surabaya-Gresik viral di grup media sosial.

H+2 Lebaran Umbul Manten Diserbu Ratusan Pengunjung, Prokes Jalan Terus

Objek wisata Umbul Manten di Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah, diserbu ratusan pengunjung pada H+2 Lebaran 2021, Sabtu (15/5/2021).

Duh, Warga Sragen Nekat Bakar Rumah Sendiri

Warga dengan gangguan jiwa asal Kampung Teguhan, Kelurahan Sragen Wetan, Sragen, nekat membakar rumah sendiri, Sabtu (15/5/2021) siang.

Penumpang Masuk Terminal Pulogebang Jalani Tes Usap

Pemerintah Kota Jakarta Timur memastikan akan melakukan tes usap antigen bagi penumpang arus balik yang tiba di Terminal Pulogebang.

China Sukses Daratkan Wahana Penjelajah di Planet Mars

China berhasil mendaratkan wahana penjelajah di Planet Mars, Sabtu (15/5/2021). Dengan ini China menjadi negara kedua yang mendaratkan wahana seperti itu di Mars.

Bukan Cuma Pekalongan, Semarang & Demak Juga Terancam Tenggelam

Ancaman tenggelam di Jawa Tengah bukan hanya dihadapi Kota Pekalongan, tetapi juga Semarang dan Demak yang berada di wilayah pesisir.

Wisata Air Cokro Tulung Klaten Is Back, Ada Wahana Baru?

Objek Wisata Air Cokro atau OMAC di Kecamatan Tulung, Klaten, Jawa Tengah, kembali dibuka setelah setahun lebih tutup karena pandemi.

34 Anak Tewas Akibat Serangan Israel di Gaza Sejak Senin

Sebanyak 34 anak, yang termuda berusia 5 bulan, tewas dalam serangan Israel di Jalur Gaza sejak Senin.