Berat! Butuh 20 Orang Sembelih Sapi Presiden Jokowi di Al Wustho Solo

Sapi Kurban Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang diberikan ke Masjid Al-Wustho, Mangkunegaran, Banjarsari, Solo, menjadi sapi paling besar dari seluruh sapi yang ada di Masjid Al-Wusto. Bahkan takmir masjid Al Wustho mempersiapkan 20 orang petugas khusus untuk menyembelih sapi seberat 1,3 ton itu.

Berat! Butuh 20 Orang Sembelih Sapi Presiden Jokowi di Al Wustho Solo

SOLOPOS.COM - Sapi kurban dari Presiden Jokowi disembelih di Masjid Agung Solo, Minggu (11/7/2019). (Solopos-Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Sapi Kurban Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang diberikan ke Masjid Al-Wustho, Mangkunegaran, Banjarsari, Solo, menjadi sapi paling besar dari seluruh sapi yang ada di Masjid Al-Wusto. Bahkan takmir masjid Al Wustho mempersiapkan 20 orang petugas khusus untuk menyembelih sapi seberat 1,3 ton itu.

Sekretaris Takmir Masjid Al-Wustho, Purwanto, saat ditemui Solopos.com di Masjid Al-Wusto, Minggu (11/8/2019), mengatakan sapi dari Presiden Jokowi akan disembelih paling akhir sekitar pukul 11.00 WIB. Menurutnya, cara menyembelih sama dengan sapi-sapi yang lain.

“Perlu tenaga ekstra untuk memotong sapi seberat 1,3 ton. Kami menyiapkan 20 orang tenaga untuk merobohkan sapi milik Presiden Joko Widodo. Kalau saat menyembelih cukup jagal-jagal inti saja,” ujarnya.

Menurutnya, sapi Presiden Jokowi jauh lebih mudah untuk disembelih dikarenakan sangat berat. Berbeda dengan sapi yang tidak mencapai satu ton, sapi akan lebih lincah dan banyak bergerak saat akan disembelih.

Sementara itu, daging sapi milik Presiden Joko Widodo akan digabungkan dengan daging sapi lainnya dan akan dibagikan dalam 1.000 kantong daging. Tidak ada berat khusus setiap kantongnya, hanya menyesuaikan jumlah kantong saja.

Sementara itu, daging rencananya akan didistribusikan ke wilayah Kelurahan Ketelanjangan dan masyarakat Keraton Mangkunegaran. Sebelumnya, sapi Presiden Jokowi diserahkan oleh Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo, kepada ketua Takmir Masjid Al Wustho, KH. Muhammad Toha Mustofa.

Dalam sambutannya, Achmad Purnomo menyampaikan bahwa Presiden Jokowi tidak pernah lupa berkurban untuk masyarakat Kota Solo. Tahun ini Jokowi berkurban di dua masjid yakni Masjid Agung seberat 1,5 ton dan Masjid Al Wustho 1,3 ton.

Purnomo berharap masyarakat senantiasa mendoakan Jokowi dalam memimpin bangsa Indonesia. Menurutnya, berkah kurban ini tidak hanya pemberi hewan kurban saja namun pekerjaan lainnya seperti partisipasi masyarakat merupakan pahala berkurban kepada semuanya.

Ketua Takmir Masjid Al-Wustho, KH. Muhammad Toha Mustofa, mengatakan suudah berulang kali Masjid Al Wustho menerima kurban dari Presiden Joko Widodo Sebagai pengurus masjid Al-Wustho ia menyampaikan banyak terimakasih kepada Presiden yang peduli kepada umat. Hal itu sebagai bukti kepedulian kepada rakyat terutama umat Islam untuk menjadi sarana bersatunya umat dan ulama. Ia berharap Indonesia menjadi negata kuat dan bersatu antara umat dan bangsa.

“Semoga yang dilakukan Joko Widodo dijadikan teladan oleh para pemimpin lainnya,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Seluruh Wilayah di Yogyakarta Masuk PPKM Level 4

Kegiatan nonesensial masih diwajibkan berlangsung secara virtual, aktivitas esensial diperbolehkan beroperasi sampai 50 persen.

Tekan Kematian Covid-19, Dinkes Jateng Sarankan Isolasi Terpusat

Dinkes Jateng meminta pasien Covid-19 untuk melakukan karantina di tempat-tempat isolasi terpusat yang sudah disediakan pemerintah.

Pasien Covid-19 Kini Lebih Cepat Meninggal, Ini Penyebabnya

Pasien sering terlambat dibawa ke rumah sakit hingga berujung meninggal dunia.

Serapan Anggaran Penanganan Covid-19 Plupuh dan Miri Sragen Rendah, Kenapa Ya?

Anggaran penanganan Covid-19 di dua kecamatan Sragen yakni Miri dan Plupuh, masih rendah, kurang dari 30 persen hingga awal Agustus ini.

Waduh, Tingkat Keterisian Bed RS Rujukan Covid-19 Klaten Masih Tinggi Lur!

Tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) RS rujukan Covid-19 Kabupaten Klaten hingga awal pekan ini masih tinggi.

Kena Prank Keluarga Akidi Tio, Kapolda Sumsel Memilih Berpikir Positif

Ada atau tidaknya dana Rp2 triliun tidak menyurutkan ikhtiar Polda Sumsel menanggulangi Covid-19.

Pasien Positif Corona Tanpa Gejala Sukoharjo Didorong Isolasi di 2 Tempat Ini

Pasien positif terpapar virus corona tanpa gejala atau bergejala ringan di Kabupaten Sukoharjo didorong menjalani isolasi di tempat khusus.

Ahli IPB: Harimau Tak Bisa Tularkan Corona ke Manusia

Kejadian penyakit pada hewan di berbagai belahan dunia sangat identik, yakni hewan tersebut tertular dari pemiliknya.

Pelayanan Kantor Kecamatan Jebres Solo Buka Lagi setelah Tutup karena 10 Pegawai Positif Corona

Pelayanan kantor Kecamatan Jebres, Solo, sudah kembali dibuka setelah sempat tutup beberapa hari karena sejumah pegawai terpapar Covid-19.

Kasus Covid-19 Tambah 22.404, Jateng Penyumbang Terbanyak

Dari kasus Covid-19 di Indonesia sebanyak 22.404 hari ini, Jateng berkontribusi 3.218.

Lima Makanan dan Minuman Ini Mampu Atasi Dehidrasi

Jangan abaikan rasa haus apalagi di musim kemarau, karena itu salah satu sinyal bahwa tubuh Anda sedang mengalami dehidrasi.

12 Daerah di Jawa-Bali Naik ke PPKM Level 4, Ini Daftarnya

Sebanyak 12 daerah naik ke PPKM Level 4, sembilan daerah turun ke PPKM Level 3, dan satu daerah turun ke PPKM Level 2.