SOLOPOS.COM - Perusahaan Daerah Tarumartani mengaku hanya memiliki profit minim sekitar Rp25 juta.(JIBI/Harian Jogja)

JOGJA- Perusahaan Daerah (PD) Tarumartani yang memproduksi cerutu, selama setahun terakhir hanya mampu mengumpulkan profit senilai Rp25 juta.

Padahal Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DIY itu mengklaim mempunyai aset hingga ratusan miliar rupiah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Direktur Utama PD Tarumartani Abdul Nasir mengungkapkan, dalam setahun ini laba perusahaan yang berdiri sejak 1918 itu terus melorot. “Terakhir hanya Rp25 miliar, padahal sebelumnya sampai ratusan juta,” tuturnya kepada wartawan, Selasa (12/2/2013).

Lantaran aset hanya berbilang puluhan juta, setoran perusahaan ke kas daerah pun ikut menciut. “Kalau profitnya Rp25 juta otomatis setoran untuk PAD (Pendapatan Asli Daerah) nggak sampai sebesar itu,” tambah Nasir.

Melorotnya aset Tarumartani disebabkan sejumlah krisis finansial yang merundung perusahaan ini. Di antaranya bunga utang di bank yang harus ditanggung sebesar Rp70-an juta tiap bulan serta beban pesangon karyawan pensiun yang harus dibayar.

Perusahaan mengusulkan, Tarumartani berekspansi dengan merambah bisnis properti seperti hotel. “Kalau cuma mengandalkan cerutu sulit, apalagi sekarang kebijakan tentang rokok makin ketat kita nggak bisa lawan. Pasar rokok juga turun. Karenanya kalau disetujui kami usul ada bisnis baru,”jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) DIY Bambang Wisnu Handoyo membantah, Tarumartani menyetor PAD dalam jumlah kecil. Setoran terakhir mencapai hingga Rp86 juta.

Sementara memilih bisnis properti menurut Bambang, belum tentu prospektif. Pemerintah masih akan mengkaji usulan itu apakah potensial meraup keuntungan atau tidak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya