SOLOPOS.COM - Ilustrasi mencuci beras (ricecookerss.com)

Ilustrasi mencuci beras (ricecookerss.com)

Ilustrasi mencuci beras (ricecookerss.com)

Beras sintetis mulai diwaspadai di Temanggung. Pemkab lewat Disperindagkop dan UMKM membuka posko pengaduan 

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

 

Kanalsemarang.com, TEMANGGUNG – Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, membuka posko pengaduan untuk mengantisipasi peredaran beras sintetis yang dapat membahayakan kesehatan manusia tersebut.

Kepala Disperindagkop dan UMKM Kabupaten Temanggung, Rony Nurhastuti di Temanggung, Senin (25/5/2015), mengatakan pihaknya secara terbuka menerima berbagai bentuk pengaduan dari masyarakat yang menemukan indikasi peredaran beras palsu tersebut.

“Bagi yang mendapat informasi atau telah secara nyata menemukan beras sintetis di Temanggung silahkan melapor kepada kami,” katanya seperti dikutip Antara.

Ia menuturkan laporan yang masuk nantinya digunakan sebagai dasar proses sidak di berbagai pedagang beras atau penanganan lebih lanjut. Hal ini untuk mencegah peredaran beras sintetis itu.

Ia mengatakan dari pantauan yang dilakukan tidak ditemuan peredaran beras sintetis di Temanggung.

“Selama ini kami belum menemukan beras sintetis yang membahayakan kesehatan tersebut,” katanya.

Ia mengatakan guna mengetahui beras asli atau palsu, masyarakat perlu mengetahui ciri-cirinya, untuk beras sintetis jika direndam maka beras mengapung.

“Jika menemukan beras mengapung saat direndam perlu dicurigai keasliannya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya