SOLOPOS.COM - Salah seorang pedagang Pasar Klewer mengayak beras, Rabu (20/5/2015). Terungkapnya beras sintesis di pasaran membuat pedagang cemas. (JIBI/Solopos/Shoqib Angriawan)

Beras plastik dibekasi akhirnya terbukti. Beras sintetis itu dipastikan mengandung bahan baku pipa paralon.

Solopos.com,BEKASI — Pemerintah Kota Bekasi bersama PT Sucofindo telah memastikan hasil uji beras yang dijadikan sampel benar-benar mengandung plastik.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Bagian Pengujian PT Sucofindo, Adisam ZN, mengatakan setidaknya ada empat senyawa yang terkandung dalam beras tersebut. Salah satunya polyfiner yang biasa digunakan untuk membuat pipa paralon. “Ada tiga senyawa dan satu senyawa polyfiner,” ujarnya seusai konfrensi pers di Pemkot Bekasi, Kamis (21/5/2015).

Konfrensi pers ini juga dihadiri sejumlah pejabat Pemkot Bekasi, antara lain Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Kepala Dinas Disperindagkop Kota Bekasi Aceng Solahuddin, dan Wakasalantas Intel Polres Bekasi Kota AKP Muhadi.

Sebelumnya, Polsek Bantargebang menggelar sidak terhadap kios penjual beras yang diduga dibuat dari bahan baku sintetis (beras plastik). Dari kios itu, Polsek Bantargebang juga membawa seorang pemilik kios bernama Sembiring beserta empat karyawannya untuk diperiksa sebagai saksi.

Operasi yang dilakukan pihak Polsek Bantargebang itu berawal dari laporan seorang warga dan sejumlah kabar yang ditayangkan melalui media sosial Facebook dan Instagram tentang adanya beras plastik. Beras plastik juga diduga sempat muncul di tempat lain, termasuk Solo dan Wonogiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya