Berapa UMK Solo 2022? Berikut UMK di Soloraya 10 Tahun Terakhir

Diprediksi persentase kenaikan upah minimum pada 2022 berpotensi lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya.

 Ilustrasi buruh (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi buruh (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Upah minimum provinsi atau UMP Jateng 2022 hingga upah minimum kota/kabupaten atau UMK 2022 mulai dibahas. Lantas berapa kira-kira UMK Solo 2022 atau daerah lainnya di Jawa Tengah?

Pembahasan tentang UMP ini bakal dilakukan dalam waktu dekat oleh Dinakertrans Jawa Tengah, tepatnya pada 21 November 2021.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Disnakertrans Jateng, Sakina Rosellasari, Senin (25/10/2021). Ada dua aturan yang menjadi landasan penentu UMP yaitu UU No. 11/2020 tentang Cipta Kerja serta PP No. 36/2021 tentang Pengupahan.

Diprediksi persentase kenaikan upah minimum pada 2022 berpotensi lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini terjadi seiring diterapkannya metode baru penghitungan upah minimum.

“Kenaikan upah minimum tahun depan dihitung dengan mengacu pada upah minimum tahun berjalan, tingkat inflasi, pertumbuhan ekonomi, batas atas dan batas bawah upah minimum,” kata Timboel Siregar, Sekretaris Jenderal Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia (OPSI), Minggu (24/10/2021).

Hasil penghitungan sementara yang dilakukan Timboel dengan formulasi terbaru memperlihatkan kenaikan upah minimum berada di kisaran 1 sampai 2 persen. Selain itu, kenaikan upah minimum berpotensi tak merata karena inflasi dan pertumbuhan ekonomi tak merata di setiap provinsi.

Berikut gambaran UMK di Solo dan daerah lain di Soloraya selama 10 tahun terakhir sejak 2012 hingga 2021.

UMK Soloraya
Infogram

Berita Terkait

Berita Terkini

Tarik Ulur Ekspor Batu Bara

Pemerintah melarang ekspor batu bara mulai 1 Januari, namun pada 12 Januari pemerintah membuka kembali ekspor batu bara secara bertahap

Bawaslu Klaten Kembangkan Desa Antipolitik Uang dan Desa Pengawasan

Bawaslu Klaten mengembangkan empat desa antipolitik uang dan empat desa pengawasan partisipatif pada 2021.

Menyongsong Kebangkitan Pariwisata Kota Solo

Seiring adanya penurunan kasus positif Covid-19, jumlah kunjungan wisatawan di Kota Solo mulai menggeliat. Momentum Natal dan Tahun Baru (Nataru) menandai awal kebangkitan pariwisata di Kota Bengawan setelah hampir dua tahun dihantam pandemi.

Kekerasan Terhadap Perempuan dalam Angka

Kasus kekerasan terhadap perempuan masih saja terjadi.

Jumlah Warga Miskin di Soloraya dari 1996 hingga 2021, Naik atau Turun?

Selama lebih dari satu dekade, jumlah warga miskin di Soloraya mengalami pasang surut.

Pembangunan Masjid Agung Karanganyar, Proyek Ambisius Sang Bupati

Pembangunan Masjid Agung Karanganyar yang menelan anggaran Rp89 miliar menjadi proyek ambisius Bupati Karanganyar, Juliyatmono.

Hukuman Bui untuk Pejuang Demokrasi Myanmar Aung San Suu Kyi

Pejuang demokrasi yang juga pemimpin de facto Myanmar, Aung San Suu Kyi, 76, dijatuhi hukuman empat tahun penjara oleh penguasa junta Militer.

E-LIC Presisi, Inovasi Polres Grobogan

Polres Grobogan melauching E-LIC Presisi [lectronic Legal Information Center Presisi] bersamaan program Bebasan untuk membantu pelaku usaha.

Perbandingan UMK Tahun 2021/2022 di 35 Kabupaten/Kota Jawa Tengah

Rata-rata UMK tahun 2022 di 35 kabupaten/kota di Jateng mengalami kenaikan antara Rp1.403, 11 hingga Rp27.066,05 apabila dibandingkan dengan tahun 2021.

Fakta-Fakta Unik Liga Inggris, Balotelli Cuma Cetak 1 Assist

Ada sejumlah fakta unik yang terjadi di kompetisi Liga Premier Inggris. Mulai dari pemain yang sering diganti hingga pemain yang cuma mencatatkan satu assist di sepanjang kariernya di Premier League.

Gacor! Cristiano Ronaldo Tembus 800 Gol

Cristiano Ronaldo telah membukukan 800 gol dalam kariernya sebagai pesepak bola profesional.

Tips Menghemat Listrik Kala WFH

Sebaiknya terapkan tips menghemat listrik kala WFH agar tagihan tidak membengkak.

Lagi, Disparbudpora Klaten Pindahkan ODCB

ODCB itu lantas disatukan dengan benda peninggalan purbakala lain yang sebelumnya sudah diambil di galeri seni kompleks Monumen Juang 45 Klaten.

5 Gunung Angker di Jawa Tengah: Lawu-Slamet

Inilah lima gunung yang dikenal angker dan sarat aura mistis di Jawa Tengah.

Penjelasan Badan POM soal Susu Kental Manis

Badan POM mengeluarkan penjelasan tentang SKM, salah satunya menyebut SKM merupakan produk susu tetapi harus dikonsumsi sesuai aturan.