SOLOPOS.COM - Ilustrasi motor listrik. (Freepik)

Solopos.com, SOLO- Berapa lama waktu untuk melakukan cas (charge) atau pengisian daya pada motor listrik? Pertanyaan ini banyak disampaikan masyarakat ketika akan membeli motor listrik atau ingin tahu lebih banyak tentang kendaraan bebas polusi tersebut.

Jawaban atas pertanyaan itu tergantung dari kapasitas baterai dan saluran untuk cas itu sendiri. Artinya, masing-masing produk dari merek tertentu memiliki standar pengisian baterai.

Promosi Keturunan atau Lokal, Mereka Pembela Garuda di Dada

Berikut ini penjelasan tentang berapa lama cas motor listrik, dari beberapa sumber.

Laman Alvaauto menjelaskan, setiap motor listrik memiliki siklus pengisian ulang baterai yang berbeda. Pengisian hingga 100% tidak akan memberikan efek buruk pada baterai motor listrik, asalkan pengisian dilakukan dengan charger asli dan sesuai dengan rekomendasi produsen.

Nah, baterai motor listrik Alva One menggunakan teknologi lithium-ion yang ramah lingkungan. Dengan kapasitas sebesar 60 V sampai 45 Ah dan penggunaan maksimum sebesar 2,7 kWh, baterainya mampu menghasilkan jarak tempuh hingga 70 km dengan satu pengisian. Waktu pengisian hanya memerlukan 4 jam dengan charger asli dari Alva. Baterai ini dilengkapi dengan sistem auto-cut off yang mencegah overcharging, serta fitur surge protection yang melindungi baterai dari fluktuasi tegangan listrik.

Dengan perawatan yang tepat, baterai ini akan memberikan kinerja yang optimal dan daya tahan yang lama.

Untuk mengisi daya Alva One hingga penuh, diperlukan charger dengan daya 10 Ampere (A) dan membutuhkan minimum daya listrik rumah sekitar 1.300 kWh.

Sementara itu, mengutip laman Tokoselis, dalam deskripsi produk Selis Agats, waktu cas motor listrik ini pada kisaran 5 jam.

Dikutip dari laman Viarmotor, pengisian daya motor listrik tergantung dari sisa voltase pada baterai yang tersisa. Makin kecil muatan baterai tersisa makin lama proses pengisian daya. Pada pengisian daya motor listrik bisa dilakukan langsung pada unit, atau bisa dilakukan model Swab Charging (pengecasan diluar kendaraan) untuk unit yang menggunakan baterai Lithium. Makin besar sisa baterai tersisa makin cepat proses pengisian daya dan rata-rata waktu yang dibutuhkan 4 jam sampai 5 jam.

Sementara itu, di laman Unitedmotor tidak menyebut durasi pengecasan baterai motor listrik. Namun laman ini memberikan beberapa tips pengisian daya. Di antaranya adalah hindari baterai 0%. Hindari pengosongan penuh baterai motor listrik. Usahakan untuk mengisi ulang baterai sebelum benar-benar habis. Pengosongan penuh secara teratur dapat merusak sel-sel baterai dan mengurangi kapasitasnya.

Hindari overcharging atau mengisi baterai terlalu lama setelah baterai sudah penuh. Ini dapat menyebabkan peningkatan suhu dan merusak sel-sel baterai. Sistem pada baterai atau charger bisa jadi sudah memiliki sistem cut-off otomatis yang menghentikan arus listrik ketika baterai sudah penuh, namun alangkah lebih baik jika dari pengguna lebih disiplin menghentikan pengecasan secara manual supaya komponen pemutus arus listrik juga tetap awet.

Demikian penjelasan tentang berapa lama cas (charge) atau pengisian daya motor listrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya