SOLOPOS.COM - Ilustrasi ban bocor tertusuk paku. (Gilamotor)

Solopos.com, SOLO – Berapa kali sih ban motor boleh ditambal untuk tetap bisa digunakan? Simak penjelasannya berikut ini.

Mengalami ban bocor saat mengendarai motor? Tentu rasanya sangat menyebalkan. Kita harus mendorong sepeda motor mencari tukang tambal ban untuk mencari penyebab kebocoran sekaligus menambalnya.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Lebih menyebalkan lagi kalau di sekitar itu ternyata tidak ada tukang tambal ban, sehingga kita harus mendorong motor lebih jauh untuk menemukannya.

Sementara itu, kebocoran ban ini mungkin tidak hanya terjadi sekali selama usia ban, namun bisa dua kali, lima kali tujuh kali dan sebagainya. Sebanyak itu pula kita menambal ban agar motor bisa digunakan kembali.

Pertanyaannya adalah, maksimal berapa kali ban boleh ditambal supaya tetap bisa digunakan? Pertanyaan ini wajar ditanyakan karena semakin banyak lubang tambalan, tentu semakin tinggi risiko penggunaan ban tersebut.

Laman Gilamotor menuliskan, ada beberapa pendapat soal ini. Ada teknisi yang menyebut sebenarnya tak ada istilah batas maksimum untuk menambal ban motor. Tetapi, yang perlu dilihat justru letak kebocoran bannya.

Pasalnya, ban memiliki titik lemah pada struktur ban yang ketika bocor tak bisa ditambal. Tempat itu adalah bagian sisi ban atau disebut juga sidewall.

Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah ukuran lubang kebocoran. Jika lubangnya kecil tentu masih mungkin untuk ditambal, tetapi jika lubangnya terlalu besar dan mustahil untuk ditambal baiknya ganti ban saja.

Bukan cuma itu, jarak antar kebocoran jika terlalu dekat juga akan membuat performa ban menurun dan baiknya diganti saja. Jarak antar kebocoran minimal satu jengkal tangan, jika lebih dari itu sebaiknya ban diganti.

Terdapat juga pandangan bahwa ada batasan maksimal untuk jumlah tambalan ban, yaitu empat tambalan. Namun, keempat tambalan ini harus ditempatkan pada kuadran yang berbeda pada ban untuk memastikan keamanan.

Meskipun ada pandangan di atas, tetap dianjurkan untuk memeriksa ban secara berkala dan memastikan kondisinya dalam keadaan baik untuk keselamatan saat berkendara.

Nah, demikian tadi informasi tentang maksimal berapa kali ban motor ditambal. Yang jelas, jika performa ban dirasa memang sudah menurun baiknya memang diganti karena jika ditambal pun akan berisiko bocor lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya