SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

TRIPOLI—Seperti lazimnya di pelbagai negara, pasca revolusi, kekayaan penguasa sebelumnya bakal disita untuk negara. Ini pula yang mungkin akan terjadi bila pemimpin Libya Muammar Qadhafi jatuh dari kekuasaannya.

Ia akan meninggalkan banyak harta. Di antara mobil-mobil mewah milik keluarga Qadhafi, terdapat Sarukh al-Jamahiriya. Mobil ini dipersenjatai roket dan peranti keamanan mutakhir. Ketika dibeli pada 1999, harganya diperkirakan Rp24,6 miliar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Qadhafi yang telah berkuasa selama 42 tahun juga mengoleksi banyak vila mewah dengan kamar lebih dari selusi di pelbagai kota di berbagai negara. Paling terkenal adalah sebuah vila dengan 40 kamar tidur yang menghadap Laut Tengah di pinggiran Al-Bayda, timur laut Libya.

Seperti di semua vila yang ia miliki, vila di Al-Bayda ini juga dilengkapi sebuah bunker yang mampu menahan ledakan nuklir. Qadhafi sekeluarga mampu tinggal di dalam sana selama berbulan-bulan.

Keluarga Qadhafi juga memiliki sejumlah perusahaan strategis dengan nilai aset luar biasa. Salah satunya, Otoritas Investasi Libya (LIA) dengan nilai aset Rp598 triliun. Perusahaan ini bergerak di sektor minyak dan gas. Mereka juga memiliki investasi di sejumlah negara Eropa dan Amerika Serikat, termasuk saham senilai Rp179 miliar di Juventus, klub Liga Seri A Italia.

Keluarga Qadhafi mempunyai sebidang tanah seluas 6.000 hektar di Bennahavis, Spanyol. Di lahan itu dibangun 1.915 rumah, sebuah lapangan golf, dan balai pertemuan. Tabungan mereka di beberapa bank di Swiss bernilai Rp42,7 triliun dan rekening Rp13, 7 triliun di Austria.

Menurut lembaga pemantau keuangan Global Witness, keluarga Qadhafi memiliki rekening senilai Rp162 triliun di pelbagai bank di Libya dan negara-negara Timur Tengah. Mereka juga mempunyai tiga rekening Rp25,6 triliun di HSBC.

Ia juga memiliki saham sebesar Rp8,5 triliun di Societe Generale dan Rp34 triliun di sejumlah perusahaan lainnya di Amerika.(Tempointeraktif)

Foto Ilustrasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya