SOLOPOS.COM - Seorang warga mengemudi mobil di jalan Solo-Jogja, beberapa waktu lalu., Pada saat menempuh perjalanan jauh seperti mudik Lebaran, mengemudi dengan kecepatan konstan akan membuat konsumsi BBM kendaraan menjadi lebih hemat. (Espos/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, SOLO-Bagi pemudik yang akan menempuh perjalanan dari Ibu Kota ke wilayah Jawa bagian timur, berikut ini perkiraan biaya bensin mobil Jakarta-Jogja.

Seperti diketahui, Lebaran 2023 sebentar lagi datang. Hari Raya umat Islam tersebut diperkirakan jatuh pada tanggal 22 April 2023 atau dua pekan lagi.

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

Lebaran di Tanah Air diwarnai dengan gelombang mobilitas masyarakat pulang kampung/mudik. Mereka ingin merayakan hari raya tersebut bersama keluarga dan handai tolan di kampung halaman.

Di sisi lain, Jakarta merupakan pusat pemberangkatan mudik terbesar. Karena jutaan warga perantau dari berbagai daerah menetap dan mencari nafkah di ibu kota negara tersebut. Artinya, pada saat Lebaran ini banyak di antara mereka yang akan mudik ke berbagai daerah tempat asal mereka, termasuk ke Yogyakarta atau Jogja.

Bagi kamu yang akan mudik ke daerah Jogja menggunakan transportasi mobil, ada beberapa persiapan yang harus kamu lakukan dalam menempuh perjalanan panjang ini.

Selain kondisi mobil yang prima, badan yang prima, juga menyiapkan biaya-biaya yang cukup selama perjalanan ke kampung halaman. Termasuk di antaranya biaya untuk bayar jalan tol dan biaya bensin atau bahan bakar minyak (BBM) juga harus diperhitungkan.

Tapi berapa sih biaya bensin mobil Jakarta-Jogja ini? Yuk kita hitung secara sederhana. Tapi hasilnya nanti hanya sebagai perkiraan saja ya, artinya bisa lebih bisa kurang tergantung jalur yang ditempuh, jenis kendaraan yang digunakan, perilaku mengemudi yang bisa menyebabkan perbedaan konsumsi BBM, dan lain-lain.

Merujuk Google Maps, jarak Jakarta Pusat ke Kota Jogja kira-kira 550 km-560 km, dan kita ambil 550 km sebagai penghitungan. Sementara itu, jenis bahan bakar yang akan kita pakai untuk penghitungan adalah bensin (Pertalite) yang harganya Rp10.000 per liter. Sedangkan tingkat konsumsi bensin kendaraan yang kita pakai rata-rata 15 km/liter, meskipun untuk mobil low cost green car (LCGC) mungkin bisa lebih dari itu.

Namun, untuk mengetahui total biaya bensin mobil Jakarta-Jogja, pertama kita hitung konsumsi bensinnya. Jika jarak yang ditempuh adalah 550 km dan seliter bensin cukup untuk menempuh 15 km, maka perjalanan ini kita membutuhkan 36,67 liter bensin.

Setelah kita ketahui konsumsi bensinnya, tinggal kita kalikan dengan harga bensin, yakni Rp10.000. Artinya adalah 36,67 dikalikan Rp10.000 sama dengan Rp366.700. Dengan demikian biaya bensin mobil Jakarta ke Jogja Rp366.700.

Sementara itu, bagi kamu yang rumahnya di luar Jogja atau bepergian ke luar Jogja, kamu bisa memperkirakan sendiri biaya bensin tambahannya, yang disesuaikan dengan jarak dari Jogja ke tempat tujuan kamu itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya