SOLOPOS.COM - Gunung Tidar (Instagram/@gunungtidar)

Solopos.com, MAGELANG — Gunung Tidar merupakan gunung yang berada di tengah-tengah Kota Magelang, Jawa Tengah (Jateng). Dengan ketinggian sekitar 503 meter di atas permukaan laut (mdl), Gunung Tidar menjadi gunung terpendek yang ada di Jawa Tengah.

Mengutip dari Wikipedia, ada ratusan gunung yang ada di Pulau Jawa. Tercatat ada sekitar 154 gunung yang tersebar dari Banten hingga Jawa Timur.

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Dari 154 gunung yang ada di Pulau Jawa itu, Gunung Tidar yang ada di Kota Magelang, Jawa Tengah (Jateng), menjadi yang terpendek kedua. Sementara, gunung terpendek nomor satu ada di Provinsi Jawa Barat, yakni Gunung Munara, yang terletak di Kabupaten Bogor, dengan ketinggian sekitar 367 meter.

Gunung Tidar yang ada di Kota Magelang selama ini sering juga disebut sebagai Pakunya Tanah Jawah. Hal ini tak terlepas dari legenda asal usul Pulau Jawa.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, dulu Pulau Jawa berbentuk seperti perahu yang selalu terombang-ambing gelombang laut. Sewaktu-waktu gunung ini bisa terbawa arus dan berpindah tempat.

Baca juga: Asal-Usul Gunung Slamet, Gunung Tertinggi di Jawa Tengah

Akhirnya, salah satu dewa dari kahyangan turun ke Bumi dan menancapkan paku ke daratan berbentuk perahu itu Sejak saat itu daratan itu berubah bentuk menjadi Gunung Tidar, hingga kemudian disebut sebagai Pakunya Tanah Jawa.

Di puncak Gunung Tidar juga terdapat lapangan yang cukup luas. Di lapangan itu ada sebuat tugu dengan simbol huruf Sa. Menurut penuturan juru kunci, huruf Sa itu bermakna Sapa Salah Seleh, atau yang kalau diartikan adalah Siapa Salah Pasti Ketahuan. Tugu inilah yang dipercaya sebagai Pakunya Tanah Jawa, yang diyakini membuat tanah Jawa tetap tenang dan aman.

Gunung Tidar yang menjadi gunung terpendek di Jawa Tengah ini juga tidak bisa dipisahkan dengan pendidikan militer. Banyak kegiatan Akademi Militer (Akmil) yang dilakukan di gunung yang memiliki ketinggian sekitar 1.650 kaki itu.

Baca juga: Misteri 3 Makam Keramat di Gunung Tidar Magelang

Meski demikian, baru-baru ini Pemerintah Kota Magelang sedang mengembangkan Gunung Tidar sebagai destinasi wisata budaya, alam, dan kesehatan. Selama ini, Gunung Tidar juga dikenal sebagai tujuan wisata budaya berupa ziarah ke makam Syeh Subakir, Kiai Sepanjang, dan Kiai Semar atau Ismoyo Jati.

Namun, Gunung Tidar yang menjadi gunung terpendek di Jawa Tengah dengan ketinggian 503 meter itu juga akan dijadikan sebagai destinasi wisata alam dan kesehatan. Hal ini dikarenakan Gunung Tidar memiliki arena hiking dengan trek yang cukup menantang. Wisatawan pun bisa mencapai puncak gunung tersebut hanya dengan menaiki anak tangga yang sudah terpasang dengan kokoh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya