Benz Victoria Phaeton Milik Raja Solo Dijuluki Kereta Setan, Kenapa?
Benz Victoria Phaeton, mobil pertama di Indonesia milik Raja Solo, Sultan Pakubuwono X, yang disimpan di Museum Louwman, Belanda. (Detik.com/Louwman Museum)

Solopos.com, SOLO – Mobil milik Raja Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Pakubuwono X, sempat dijuluki kereta setan. Saat ini, mobil keluaran 1894 itu disimpan di Museum Louwman, Belanda.

Lantas, mengapa mobil pertama yang dimiliki orang Indonesia itu disebut sebagai kereta setan?

Dihimpun dari berbagai sumber, Senin (10/2/2020), Benz Victoria Phaeton dijuluki kereta setan lantaran bisa berjalan sendiri tanpa bantuan kuda. Pasalnya, kala itu kebanyakan orang masih menggunakan kereta kuda sebagai kendaraan.

Disimpan di Belanda, Mobil Pertama di Indonesia Milik Raja Solo Pakubuwono X Segera Pulang

Jadi, Benz Victoria Phaeton pada 1894 itu pun menjadi kendaraan mewah lantaran sudah menggunakan mesin. Walau demikian, bodinya masih menggunakan kayu. Bahkan, desain mobil ini mirip seperti kereta kencana.

Mobil tersebut dilengkapi kanopi bermotif garis-garis hijau kombinasi putih dengan tirai pelindung sinar matahari. Kendraraan tersebut mampu mengangkut delapan penumpang.

12 Objek Ini Jadi Cagar Budaya Karanganyar, Apa Saja?

Sayangnya, riwayat Benz Victoria Phaeton mengaspal jalanan di Indonesia tak berlangsung lama. Mobil tersebut lenyap setelah dipinjam Belanda untuk menggelar pameran mobil pada 1924.

Sejak saat itu, mobil tersebut tidak pernah kelihatan lagi di Indonesia. Pihak Belanda juga tidak pernah mengembalikan mobil tersebut kepada Pakubuwono X. Sampai akhirnya mobil itu diketahui berada di Den Haag, Belanda.

Riwayat Raja Solo Pakubuwono X dan Mobil Mewah Benz Victoria Phaeton

Kini, Benz Victoria Phaeton menjadi benda yang dikoleksi di Museum Louwman, Belanda. Pemerintah Indonesia tengah mencoba memulangkan mobil tersebut untuk dikoleksi di Museum Nasional.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho