SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta— Urusan investasi di Indonesia kini semakin dipermudah. Mulai tahun ini pemerintah membentuk Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Direktur Deregulasi Pelayanan Modal Badan Koordinasi Penanaman Modal, Tamba P Hutapea mengatakan, kemudahan ini diberikan untuk mencapai target investasi Indonesia yang mencapai Rp 2.000 triliun per tahun. Sejumlah peraturan telah diterbitkan BKPM terkait kemudahan masuknya investasi ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tamba mencontohkan, salah satu peraturan yang telah terbit itu adalah Peraturan Kepala BKPM nomor 11 tahun 2009 tentang Tata Cara Pelaksanaan, Pembinaan, dan Pelaporan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di bidang Penanaman Modal.

“Peraturan ini memiliki tujuan memberikan kemudahan dalam pelayanan, fasilitas fiskal dan informasi penanaman modal,” kata Tamba dalam seminar ‘Jalur Cepat’ Berinvestasi di Indonesia di Graha Niaga, Jakarta, Selasa (20/4).

Diharapkan melalui peraturan ini, kata dia, investor tak lagi-lagi mengeluh dan pusing karena adanya benturan payung hukum dan proses birokrasi yang rumit.

Melalui perbaikan ini pula, dia melanjutkan, posisi berinvestasi di Indonesia yang masih berada di urutan belakang, bisa lebih baik. Pasalnya, Indonesia saat ini tercatat masih berada di urutan ke 122 dalam hal kemudahan berinvestasi. Urutan ini kalah dibandingkan dengan Malaysia yang menempati posisi 22, Thailand yang diposisi 17, Vietnam posisi 93, dan Singapura pada posisi pertama.

Dengan pelayanan satu pintu, kata dia, diharapkan semakin meningkatkan keinginan berinvestasi investor. “Ini karena semua proses pengelolaannya, mulai dari permohonan sampai terbitnya dokumen dalam satu tempat,” ujar dia.

vivanews/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya