SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, PESHAWAR–Sedikitnya 10 militan dan tiga prajurit tewas dalam bentrokan di Pakistan baratlaut pada Rabu larut malam, kata militer.

Bentrokan itu berlangsung di Waziristan Selatan di perbatasan dengan Afghanistan ketika sekelompok militan menyerang sebuah pos pemeriksaan pasukan keamanan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Pasukan keamanan memukul balik serangan teroris. Sepuluh teroris tewas dalam tembak-menembak,” kata militer dalam pesan teks kepada AFP.

“Tiga personel keamanan mati syahid setelah bertempur dengan berani,” tambahnya.

Waziristan Selatan adalah salah satu dari tujuh daerah di kawasan suku semi-otonomi Pakistan, tempat Taliban dan militan terkait Al Qaida memiliki pangkalan-pangkalan yang digunakan untuk merencanakan serangan di Afghanistan.

Pakistan dilanda serangan-serangan bom bunuh diri dan penembakan yang menewaskan lebih dari 5.200 orang sejak pasukan pemerintah menyerbu sebuah masjid yang menjadi tempat persembunyian militan di Islamabad pada Juli 2007.

Kekerasan sektarian meningkat sejak gerilyawan Sunni memperdalam hubungan dengan militan Al Qaida dan Taliban setelah Pakistan bergabung dalam operasi pimpinan AS untuk menumpas militansi setelah serangan-serangan 11 September 2001 di AS.

Pakistan juga mendapat tekanan internasional yang meningkat agar menumpas kelompok militan di wilayah baratlaut dan zona suku di tengah meningkatnya serangan-serangan lintas-batas gerilyawan terhadap pasukan internasional di Afghanistan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya