SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bangkok, Thailand, memindahkan 300 warga negara Indonesia dari tempat tinggal mereka yang berdekatan dengan lokasi bentrok ke tempat yang lebih aman.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Teguh Wardoyo, Rabu (19/5). “Hingga kemarin sore KBRI memindahkan 300 WNI ke tempat yang lebih aman karena kediaman mereka dekat dengan lokasi bentrok,” katanya di Jakarta.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Teguh mengatakan, WNI yang dipindahkan itu adalah para diplomat dengan keluarganya serta kaum profesional yang bekerja di Thailand, termasuk WNI yang menikah dengan warga Thailand. “Mereka dipindahkan ke sekitar Wat Arun yang relatif lebih aman dan jauh dari lokasi bentrokan,” katanya.

Menurut Teguh, Pemerintah Indonesia belum mengetahui kapan akan mengizinkan para WNI itu kembali ke tempat tinggalnya. “Kami lihat perkembangan di lapangan,” ujarnya seraya berharap agar konflik tidak meluas.

Teguh juga belum dapat memastikan apakah akan ada tambahan WNI yang dipindahkan dari lokasi di sekitar konflik.

Ia menjelaskan, jumlah total WNI di Thailand sekitar 1.773 orang. Sementara yang tinggal di Bangkok dan sekitarnya berjumlah 1.504 orang. Sebagian besar WNI yang dipindahkan merupakan penghuni apartemen di Pecthburi Road.

Sementara itu, WNI diimbau menghindari daerah-daerah yang rawan kerusuhan di Kota Bangkok, yakni Witthayu, Rachaprarop, Pratunam, Petchburi, Silom, Bon Kai, Sathorn, Din Daeng, Lumpini Park, dan Sala Daeng.

Teguh juga mengatakan, sekalipun Bangkok memanas dengan adanya penindakan keras militer Thailand terhadap para pengunjuk rasa kelompok “kaus merah”, KBRI di Bangkok tetap beroperasi. “KBRI tetap buka dan memberikan pelayanan bagi WNI yang membutuhkan,” katanya.

kompas.com/ tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya