SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Bentrokan Aceh Singkil membuat Kapolres setempat disorot Mabes Polri.

Solopos.com, JAKARTA — Kapolri Jenderal Pol. Badrodin Haiti mengakui ada kelemahan dari Kapolres Aceh Singkil, AKBP Budi Samekto, dalam memprediksi situasi yang menyebabkan bentrok massa serta pembakaran rumah ibadah di Kabupaten Aceh Sangkil.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sudah ditanya Kapolda [Aceh] apakah butuh back up, dijawab tidak,” kata Badrodin Haiti di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Jumat (16/10/2015).

Badrodin Haiti mengatakan persoalan tersebut bergantung pada kepala satuan wilayah atau kapolres setempat mampu mengantisipasinya atau tidak. Menurut dia ada yang sigap mengantisipasi, tapi ada pula yang meremehkannya.

“Ada yang memang over dan underestimate. Ada yang mungkin karena kemampuannya memprediksi, tidak satu sama lain,” katanya.

Atas ketidakmampuan memprediksi situasi itu, Badrodin Haiti mengatakan Kapolres harus mempertanggungjawabkan risikonya. Namun Kapolri tak merinci risiko apa yang akan dihadapi Kapolres Aceh Singkil. “Tentu ada resikonya,” katanya.

Sementara itu, polisi juga masih meneliti secara forensik peluru yang menewaskan Samsul, korban meninggal dunia atas peristiwa itu. Tapi dia menampik jika senjata tersebut berasal dari kelompok atau organisasi tertentu di Aceh.

“Ini bisa dibeli di mana saja, melalui internet bisa beli,” katanya. Mantan Wakapolri tersebut memastikan kepolisian terus mengejar tujuh buronan tersangka kasus bentrokan Aceh Singkil tersebut. Sejauh ini baru tiga tersangka yang sudah ditetapkan dengan inisial S, N, dan I.

“Kondisi terkini sudah cukup aman dan pasukan sudah ditambah TNI dan Brimob Polda Aceh. Saya harapkan bisa diselesaikan karena ada kesepakatan yang harus dibangun bersama,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya