Bentrok 2 Geng di Semarang, Mahasiswa AMNI Kena Bacok

Polda Jateng merilis pelaku penyerangan disertai pembacokan yang dilakukan anggota geng di Semarang, di mana salah satu korban merupakan mahasiswa AMNI Semarang.

 Suasana jumpa pers yang digelar di Mapolda Jateng, Rabu (10/8/2022). (Solopos.com-Adhik Kurniawan)

SOLOPOS.COM - Suasana jumpa pers yang digelar di Mapolda Jateng, Rabu (10/8/2022). (Solopos.com-Adhik Kurniawan)

Solopos.com, SEMARANG — Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Polda) Jawa Tengah (Jateng) mengumumkan pelaku pembacokan mahasiswa Universitas Maritim AMNI Semarang yang beberapa waktu lalu sempat viral di media sosial.

Pelaku pembacokan itu ternyata merupakan anggota geng yang tengah terlibat tawuran dengan geng lain di Semarang. Mereka melakukan pembacokan karena salah sasaran, mengira mahasiswa AMNI tersebut merupakan anggota geng lawan.

PromosiGelaran B20 di Jawa Timur Fokus pada Rantai Pasok UMKM

Wakapolda Jateng, Brigjen Pol. Abiyoso Seno Aji, mengatakan ada enam korban dalam peristiwa pembacokan di Semarang itu. Sedangkan pelaku yang telah diringkus mencapai delapan orang.

“Ada dua lokasi [TKP] dengan waktu yang hampir bersamaan. Motifnya, mengajak tawuran melalui medsos, tapi malah salah sasaran,” ujar Abiyoso saat gelar perkara di Mapolda Jateng, Selasa (10/9/2022).

Sementara itu, Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Irwan Anwar, menyampaikan kronologi tawuran antara geng remaja, bernama Army 059 dan Tanggul Pojok.

Baca juga: Dipicu Dendam, 3 Pemuda Tega Habisi Pelajar SMA

“Awalnya mereka saling tantang melalui WA. Kemudian, pada 31 Juli 2022 pukul 01.00 WIB, Geng Army 059 mencari Geng Tanggul Pojok di daerah Sampangan, tapi tidak ketemu. Mereka justru bertemu geng BK. Oleh karena kalah, Geng Army kabur. Sedangkan geng BK berkeliling Kota Semarang. Sekitar pukul 02.00 WIB, di Jalan Cipto mereka membacok, memukul, dan melindas tiga mahasiswa AMNI Semarang,” ungkap Irwan.

Ketiga pemuda yang menjadi korban salah sasaran itu, satu di antaranya mengalami luka parah di bagian kepala dan hingga kini masih kritis dalam perawatan rumah sakit.

“Satu korban masih kritis, karena dianiaya dengan celurit ke kepalanya. Meski pakai helm, masih tembus. Dua korban lainnya mengalami luka-luka karena berhasil menyelamatkan diri dengan melompat ke sungai dan bersembunyi di bawah jembatan,” jelasnya.

Baca juga: Melihat Koleksi Prangko Kantor Pos Besar Semarang

Sementara itu, lokasi atau tempat kejadian perkara kedua, aksi kejahatan dilakukan kelompok Geng Army di wilayah Manyaran, Semarang Barat, sekitar pukul 03.00 WIB. Mereka berniat mencari anggota Geng BK, tapi juga salah sasarn.

“Mereka bertemu rombongan delapan orang dan melakukan pembacokan. Tiga orang dari rombongan itu terluka. Bahkan satu di antaranya mengalami luka di punggung hingga tembus ke paru-paru,” jelasnya.

Atas perbuatan itu, para pelaku pun dijerat dengan Pasal 80 ayat 2 juncto Pasal 76C UU No. 35/2014 tentang Perlindungan Anak dan juncto Pasal 170 ayat 2 huruf 1e KUHP. Para pelaku diancam hukuman penjara mencapai lima tahun.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Korban Meninggal dalam Kecelakaan Tol Semarang-Solo Bertambah, Total 6 Orang

      Korban meninggal dunia dalam kecelakaan lalu lintas di Jalan Tol Semarang-Solo tepatnya di KM 436+400 kini bertambah menjadi enam orang.

      Polisi Periksa 7 Pengemudi Mobil dalam Kecelakaan Beruntun Tol Pejagan-Pemalang

      Puluhan orang saksi diperiksa polisi terkait kasus kecelakaan lalu lintas beruntun di Tol Pejagan-Pemalang.

      Asyik, Semarang Sediakan 250 Sepeda Motor Listrik untuk Wisatawan

      Pemerintah Kota atau Pemkot Semarang menyediakan 250 unit sepeda motor listrik untuk kebutuhan wisatawan yang berkunjung di Kota Semarang.

      Mobil Tabrak Pohon di Depan Kodam Diponegoro, 1 Nyawa Melayang

      Kecelakaan tunggal mobil tabrak pohon terjadi di depan Markas Kodam IV Diponegoro dan menyebabkan satu orang meninggal dunia.

      Pendukung Anies Baswedan Capres 2024 Gelar Deklarasi di Semarang

      Sukarelawan pendukung Anies Baswedan sebagai capres 2024 menggelar deklarasi di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

      Alpokat Kalibening, Varietas Ambarawa yang Pernah Dipamerkan di Istana Negara

      Alpokat Kalibening atau Alpokat Pangeran yang pernah dipamerkan di Istana Negara meramaikan Gelar Buah Nusantara 2022 di Gunungpati, Kota Semarang.

      Kecelakaan Maut di Tol Semarang-Solo, Polisi: Sopir Alami Microsleep

      Kapolres Semarang, AKB Yovan Fatika, menyebut sopir minibus mengalami microsleep hingga menyebabkan kecelakaan maut di Tol Semarang-Solo, Sabtu (24/9/2022).

      Diduga Tenggelam, Nelayan Cilacap Tiba-Tiba Hilang saat Cari Benur

      Seorang nelayan di Cilacap diduga tenggelam di perairan laut wilayah Karangkandri saat mencari benur.

      Kronologi Truk Bermuatan Kelapa Seruduk Sepeda Motor di JLS Salatiga

      Berikut kronologi kecelakaan maut truk bermuatan kelapa yang menerjang sepeda motor di JLS Salatiga, Sabtu (24/9/2022).

      Semarang & Kendal Diguyur Hujan Es, BMKG: Dipicu Awan Kumulonimbus

      Berikut penjelasan BMKG terkait fenomena hujan es yang melanda wilayah Kendal dan Kota Semarang pada Jumat (23/9/2022) malam.

      Minibus Tabrak Truk di Tol Semarang-Solo, Ini Daftar Korban Meninggal

      Kecelakaan maut melibatkan minibus Elf dengan truk di Tol Semarang-Solo menyebabkan lima orang meninggal dunia.

      Truk Muatan Kelapa Seruduk Sepeda Motor di Salatiga, Tiga Orang Meninggal

      Kecelakaan terjadi di jalan lingkar Salatiga (JLS) saat sebuah truk berpelat nomor K-8639-Y bermuatan kelapa diduga mengalami gagal fungsi rem saat turun dari arah Magelang.

      Kronologi Kecelakaan Maut di Tol Semarang - Solo, 5 Nyawa Melayang

      Kecelakaan maut terjadi di Tol Semarang - Solo antara minibus Elf yang menyundul truk pengangkut kayu. 5 orang meninggal dunia karena kecelakaan tersebut.

      Kecelakaan Maut di Tol Semarang - Solo: Minibus Sundul Truk, 5 Meninggal

      Kecelakaan maut terjadi di Tol Semarang - Solo antara minibus Elf yang menyundul truk pengangkut kayu. 5 orang meninggal dunia karena kecelakaan tersebut.

      Cerita Penjual Akik di Pasar Dargo Semarang, Bertahan Meski Tak Semanis Dulu

      Penjual batu akik di Pasar Dargo, Kota Semarang, tetap bertahan meski minat pembeli mulai menurun drastis.