SOLOPOS.COM - Situasi banjir di RW 002 Kelurahan Sewu, Kecamatan Jebres, Solo, Kamis (04/02/2021). (Solopos-Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO -- Sejumlah rumah warga di bantaran Sungai Bengawan Solo wilayah Kelurahan Sewu, Kecamatan Jebres, Kota Solo, Jawa Tengah, terendam banjir, Kamis (4/2/2021). Banjir disebabkan hujan deras dan melimpahnya debit air dari hulu Bengawan Solo.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Kamis pagi, warga Sewu memantau ketinggian muka air di sekitar rumah yang terendam banjir. Ketinggian air di Kelurahan Sewu sempat senyentuh 80 centimeter.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Salah satu Tim Reaksi Cepat BPBD Kota Solo, Hananto, menjelaskan tim BPBD melakukan asesmen dan mendapati 25 keluarga di RW 002 Kelurahan Sewu, Kecamatan Jebres, terdampak banjir.

Baca juga: Ini Kata Epidemiolog, Jateng di Rumah Saja Efektifkah?

Sebagaian warga mengungsi di balik tanggul atau ke rumah kerabatnya.

"BPBD baru melalukan pemantauan sejak malam sampai pagi ini memantau debit air yang per jam tinggi," kata dia.

Tinggi Muka Air

Menurut dia, banjir juga menggenangi rumah di RW 021 dan RW 036 di Kelurahan Jebres. Sungai Bengawan meluap yang berimbas ke ketinggian muka air Kali Anyar.

Baca juga: Terlanjur Sosialisasi Jateng di Rumah Saja, Pasar Bunder Sragen Tetap Buka

Petugas Pos Pantau Jurug BBWSBS Solo, Joko Widodo, menjelaskan tinggi muka air mencapai 9,07 meter pukul 06.00 WIB. Ketinggian tersebut belum berubah sejak pukul 03.30 WIB.

"Prediksinya kalau hulu enggak hujan lagi top levelnya 9,06 meter. Siaga merah langsung mencapai 8,75 meter," kata dia.

Menurut dia, ketinggian muka air siaga kuning mulai pukul 21.25, Rabu (3/2/2021) dan siaga merah mulai pukul 00.50 WIB. Sungai Bengawan, ungkap dia, menerima kiriman air dari sungai Dengkeng dan Sungai Samin.

Baca juga: Bengawan Solo Meluap ke Permukiman, 20 Keluarga di Daleman Karanganyar Mengungsi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya