SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta — Bendahara PSSI Achsanul Qosasi membantah adanya sumbangan Golkar dan keluarga Bakrie untuk PSSI. Dana operasional PSSI diperoleh PSSI dari sponsor dan hasil kerja keras tim marketing PSSI.

“PSSI itu kebutuhan setahun minimum Rp 90-100 miliar. Dari sponsor Rp 40 miliar, dari FIFA Rp 4 miliar, sisanya dari sponsor event kecil. Nggak ada sumbangan Golkar ataupun keluarga Bakrie untuk PSSI apalagi sampai 80 persen,” ujar Achsanul di Jakarta, Selasa (28/12).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Politisi Demokrat ini menuturkan Ical memang pernah menyumbang kala PSSI berada dalam posisi sulit. Namun sumbangan itu bukan untuk operasional PSSI.

“Dulu waktu PSSI sulit tahun 2003-2005 memang Pak Nirwan (Nirwan Bakrie) menyumbang pada saat itu sekitar 10 miliar, tapi itu menyumbang untuk program dan keperluan pembinaan dan itu wajar,” papar Achsanul.

Dana PSSI, menurut Achsanul, saat ini juga diperoleh dari pemerintah. Pemerintah melalui Kemenpora menyumbang Rp 20 miliar untuk PSSI setiap tahun.

“Sumbangan pemerintah ini untuk keperluan Timnas,” papar Achsanul.

Kebutuhan Timnas sendiri, menurut Achsanul, setiap tahunnya mencapai Rp 35 miliar. Bantuan Kemenpora ini cukup terasa untuk mengembangan Timnas sepakbola Indonesia.

“Sisanya memang dari sponsor karena memang Timnas kita ini layak jual,” jelasnya.

Sebelumnya, Ketum PSSI Nurdin Halid menuturkan bahwa mayoritas keuangan PSSI disuplai oleh keluarga Bakrie. Oleh karenanya, Nurdin menganggap wajar kunjungan PSSI ke rumah Ketum Golkar, Aburizal Bakrie beberapa hari lalu.

dtc/tya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya