SOLOPOS.COM - Temuan terbaru patung Ramses II (Ahram.org.eg)

Solopos.com, KAIRO — Patung dinasti ke-19 Firaun di Mesir, Ramses II, dikeluarkan dari dalam tanah di Kota Kecil Tel-basta, Delta Nil, Kamis (3/10/2013) waktu setempat. Demikian laporan harian Al-Ahram.

Patung dengan tinggi 195 cm dan lebar 160 cm itu, yang terbuat dari granit merah, ditemukan secara tidak sengaja oleh tim yang ada dalam misi penggalian Mesir-Jerman di Daerah Kuil Agung di dalam kuil Dewi Kucing Bastet di Tel-Basta, Sharkiya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebagaimana dikutip Al-Ahram, Menteri Benda Antik Mesir, Mohamed Ibrahim, mengatakan patung itu menggambarkan Raja Ramses II sedang berdiri di antara Dewi Hathor dan Dewa Petah. Seperti dilaporkan Kantor Berita Xinhua, Jumat (4/10/2013), tulisan Hierogluphic dan cartridge raja tersebut digali di belakang patung itu.

Ekspedisi Mudik 2024

Satu patung lagi yang terbuat dari batu pasir ditemukan dalam misi itu. Patung tersebut tampaknya menggambarkan seorang tokoh senior yang tak dikenal. Patung itu juga memiliki teks Hieroglyphic.

Mohamed Abdel Maqsoud, pemimpin Departemen Benda Antik Mesir di Kementerian Benda Antik, mengatakan temuan tersebut sangat penting sebab itu menunjukkan Tel-Basta pernah menjadi tempat berdirinya Kuil Raja Baru, yang didedikasikan kepada Raja Ramses II.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya