SOLOPOS.COM - Ilustrasi orang berkumur. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Saat lupa membawa sikat gigi padahal harus menginap di suatu tempat, tenang ada sejumlah benda bisa menggantikan sikat gigi. Dijamin gigi tetap bersih dan mulut bebas bau.

Benda ini bisa menggantikan fungsi sikat gigi yaitu untuk membersihkan gigi dan mulut dari sisa makanan. Jadi, kesehatan gigi dan mulut Anda tetap terjaga sekali pun Anda lupa membawa benda tersebut.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Mengutip laman Bisnis.com pada Minggu (9/1/2022), untuk menghindari bau mulut dan meminjam sikat gigi orang lain yang bisa menyebabkan berbagai penyakit, gunakanlah sejumlah benda ini untuk menggnatikan fungsi sikat gigi:

1. Menggunakan jari

Benda pertama yang bisa menggantikan sikat gigi adalah jari tangan. Apabila Anda memiliki pasta gigi namun tidak sikat giginya, Anda bisa mencoba cara ini. Sebelum membersihkan gigi menggunakan jari, cucilah tangan sebaik mungkin. Mengutip dari Graceleedydentistry.com, Anda bisa menggunakan handuk kertas bersih yang dililitkan di jari Anda maupun hanya jari itu sendiri.

Baca Juga: Ini Pendapat Roy Kiyoshi Soal Spirit Doll atau Boneka Arwah

Oleskan sedikit pasta gigi dan gunakan jari Anda seperti menyikat gigi. Gunakan tekanan lembut saat menggosok pasta gigi pada gigi dan gusi.

2. Obat kumur

Selain menggunakan jari, floss dan obat kumur juga dapat Anda gunakan untuk membersihkan gigi. Gunakan secara teratur seperti yang Anda lakukan dalam rutinitas sehari-hari. Floss merupakan barang kecil dan mudah dibawa. Mengutip dari Padentalimplants.com, floss akan membantu Anda menghilangkan bakteri dan partikel makanan di area yang sulit dijangkau di sekitar gusi dan tersangkut di sela-sela gigi.

3. Air

Air juga dapat membantu membersihkan gigi. Air akan membersihkan partikel makanan dan bakteri yang tumbuh di gigi. Sebenarnya tidak ada batasan seberapa sering Anda dapat melakukan ini, tetapi membersihkan mulut menggunakan air hanya akan membantu setelah makan dan sebelum tidur. Gunakan gerakan mendesir sambil menahan air di mulut Anda, buang atau telan air tersebut jika sudah selesai.

Baca Juga: Ketahui Komplikasi Trombositopenia Seperti Diidap Remaja Asal Sragen

4. Menggunakan handuk

Jika Anda tidak memiliki pasta gigi, benang gigi, atau obat kumur, menyeka gigi dan gusi secara sederhana dapat membantu. Gunakan lap bersih atau handuk kertas dan basahi dengan sedikit air. Caranya yaitu usap dengan lembut pada gigi dan gusi Anda. Ini adalah strategi yang bagus untuk saat-saat di mana Anda baru saja makan tetapi tidak bisa sikat gigi sampai hari berikutnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya