SOLOPOS.COM - Ilustrasi Petugas Linmas (Dok/JIBI)

Bencana Wonogiri diantisipasi dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat termasuk petugas linmas.

Solopos.com, WONOGIRI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri mendorong semua petugas satuan perlindungan masyarakat (linmas) turut berperan dalam kegiatan tanggap bencana.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kepala Satpol PP, Waluyo, mengatakan dalam upaya penanganan bencana alam, semua satuan linmas diharapkan turut hadir di masyarakat untuk membantu proses evakuasi warga.

Dia mengatakan belum lama ini pihaknya juga telah melakukan kegiatan gladi manajemen penanggulangan bencana bagi linmas desa/kelurahan.

“Sudah kami laksanakan di Paranggupito, Rabu [16/12/2015] lalu. Ada sekitar 100 linmas yang mendapatkan materi tentang penanggulangan dan penanganan bencana,” kata Waluyo, Kamis (17/12/2015). Menurutnya semua materi kebencanaan telah diberikan, baik untuk tanah longsor, angin ribut, hingga sunami.

Menurutnya, setidaknya para satuan linmas memahami apa yang harus dilakukan ketika terjadi bencana alam. Jika kemampuan tersebut telah dimiliki, diharapkan linmas dapat membantu warga sehingga dapat mengurangi jumlah korban.

“Misalnya saja ketika sudah muncul tanda-tanda akan adanya tanah longsor, linmas dapat memberikan peringatan kepada masyarakat,” kata dia.

Materi kegiatan gladi manajemen penanggulangan bencana tersebut, diisi oleh pihak-pihak yang berpengalaman. Bahkan Pejabat (Pj) Bupati Wonogiri, Sarwa Pramana, yang juga menjabat sebagai Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah, pun ikut terlibat.

Pada kesempatan tersebut Sarwa mengimbau kepada linmas dan seluruh masyarakat agar dapat mengenali kondisi alam di sekitarnya. Ketika ada perubahan yang mengarah pada terjadinya bencana, maka warga harus mulai waspada. “Wilayah Wonogiri cukup kompleks, perlu waspada,” ujar dia.

Sebelumnya Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto, mengatakan saat ini pihaknya telah memetakan wilayah-wilayah yang berpotensi terjadi bencana. “Sudah kami petakan. Saat ini posko siaga bencana juga sudah disiapkan di masing-masing daerah,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya