SOLOPOS.COM - Pohon tumbang menimpa rumah di Hargantoro, Tirtomoyo, Wonogiri, Kamis (23/3/2018). Para sukarelawan dan warga bekerja bakti memulihkan kondisi, Minggu (23/3/2018). (Istimewa/BPBD Wonogiri)

Bencana Wonogiri, angin kencang merusak 5 rumah di Tirtomoyo.

Solopos.com, WONOGIRI — Lima rumah warga Gunungan dan Balerejo, Desa Hargantoro, Kecamatan Tirtomoyo, Wonogiri, rusak berat akibat tertimpa pohon tumbang saat terjadi hujan disertai angin kencang, Kamis (22/3/2018), pukul 17.30 WIB.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa itu, namun kerugian material ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Informasi yang dihimpun , Jumat (23/3/2018), lima unit rumah tersebut milik Sholeh, Suwarno, Sumarno, ketiganya warga Gunungan RT 001/RW 002 serta Sumarno dan Sumaryoto keduanya warga Balerejo RT 001/RW 001.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri, Bambang Haryanto, mengatakan rumah Sholeh rusak parah di bagian belakang. Pohon di dekat rumahnya tumbang menimpa rumah mengakibatkan bangunan di bagian tersebut roboh.

Rumah Suwarno dan Sumarno warga Gunungan juga rusak berat di sebagian rumah. Sementara rumah Sumarno warga Balerejo dan Sumaryoto rusak ringan di bagian atap.

“Penanganan lebih lanjut dilakukan pagi ini [Jumat]. Kami bersama TNI, polisi, sukarelawan Forum Pengurangan Risiko Bencana [FPRB], dan warga bergotong royong memulihkan kondisi. Logistik untuk warga terdampak dan para sukarelawan sudah kami penuhi,” kata Bambang.

Bambang mengimbau warga selalu waspada dan siaga menghadapi segala kemungkinan bencana, terutama bagi warga yang bermukim di wilayah rawan bencana. Hujan diprediksi masih akan terjadi di Wonogiri hingga April mendatang. Angin kencang juga bisa sewaktu-waktu terjadi menyertai hujan.

“Sebaiknya warga memangkas dahan pohon di dekat rumah untuk mengantisipasi pohon tumbang,” ulas Bambang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya