SOLOPOS.COM - Ilustrasi angin kencang (article.wn.com)

Bencana Trenggalek berupa angin kencang dan hujan es menyebabkan 1 korban luka.

Madiunpos.com, TRENGGALEK – Belasan desa di tiga Kecamatan di Kabupaten Trenggalek, diterjang puting beliung, Senin (8/11/2016) sore.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Akibatnya, sejumlah rumah rusak serta satu manula luka berat di bagian kepala serta bahu karena tertimpa atap rumahnya yang roboh.

Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Kedaruratan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Trenggalek, Agung Widodo, mengatakan data kerusakan maupun korban luka terus direkapitulasi.

“Laporan yang masuk, ada tiga wilayah yang terdampak angin puting beliung, di antara di Kecamatan Tugu, Karangan, serta Kampak,” kata dia.

Agung Widodo mengatakan seusai kejadian beberapa titik lokasi bencana terdapat banyak pohon tumbang di jalan maupun menimpa rumah warga.

Untuk rumah yang tertimpa pohon, beber dia, dilakukan pembersihan pada Selasa (8/11/2016) ini.

Bencana puting beliung juga melanda di Desa Sukorejo, Kecamatan Tugu, Trenggalek, di mana saat itu anggota Komisi X DPR Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas sedang melakukan kegiatan reses atau kunjungan kerja.

Akibatnya, kegiatan pertemuan Ibas dengan warga terpaksa dialihkan ke dalam ruangan dari semula berada di tempat terbuka dengan penutup tenda.

Ibas usai kegiatan sempat melihat dampak puting beliung dan menyapa sejumlah warga.

Satu korban luka-luka diidentifikasi bernama Maikun, 91, yang tertimpa atap rumahnya yang hancur akibat kerobohan pohon kelapa.

Saat kejadian, Maikun yang sudah lanjut usia tidak bisa melarikan diri mengikuti anaknya Fatkhur dan istri yang lebih dulu beranjak keluar rumah begitu hujan angin melanda wilayah tersebut.

“Mbah Maikun saat itu hanya duduk di ruang tamu dan tidak bisa ikut lari keluar karena memang sudah tua. Tiba-tiba pohon kelapa samping rumah roboh dan menimpa atap rumah mereka hingga hancur dan mengenai beliau,” tutur Enik, tetangga korban Warga Dusun Krajan, Desa Sukorejo.

Camat Tugu, Rudi mengatakan, di wilayahnya terdapat lima desa yang terdampak angin puting beliung, yakni Desa Nglongsor, Winong, Gondang, Prambon dan Desa Sukorejo.

Selain hujan disertai angin puting beliung, Camat Rudi, mengonfirmasi di Desa Prambon dilaporkan sempat terjadi hujan es sebesar kelereng tersebar di sejumlah titik kawasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya