SOLOPOS.COM - Para Pimpinan Kecamatan Masaran yang dikoordinasi Kapolsek Masaran AKP Mujiono meninjau kondisi tanah pekarangan milik warga yang tergerus air Sungai Grompol di Dukuh Kelmbon RT 036, Desa Pilang, Masaran, Sragen, Rabu (24/1/2018). (Istimewa/Mujiono/Polsek Masaran)

Tanah pekarangan milik warga Masaran ambles tergerus air Sungai Grompol.

Solopos.com, SRAGEN — Tanah pekarangan milik tujuh warga sepanjang 75-100 meter dan tinggi sampai 7 meter di Dukuh Klembon RT 036, Desa Pilang, Kecamatan Masaran, Sragen, longsor akibat tergerus arus Sungai Grompol, Selasa (23/1/2018).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tim Pimpinan Kecamatan Masaran yang dikoordinasi Kapolsek Masaran AKP Mujiono dan Plt. Camat Masaran Ancil Sudarto meninjau lokasi longsor tersebut pada Rabu (24/1/2018) siang. Mujiono menyampaikan dari keterangan warga tanah yang longsor itu disebabkan gerusan arus Sungai Grompol.

“Pada awalnya yang tergerus hanya sepanjang 25 meter tetapi pada Selasa kemarin terjadi longsoran lagi dengan lebar sampai 3 meter. Kondisi tersebut segera diantisipasi supaya tidak menimbulkan korban karena sangat membahayakan warga sekitar,” ujar Kapolsek Masaran AKP Mujiono mewakili Kapolres Sragen AKBP Arif Budiman kepada , Rabu siang.

Mujiono mengimbau kepada masyarakat setempat agar waspada apabila terjadi longsor susulan. Dia juga mengimbau kepada warga sekitar bantaran Sungai Grompol supaya membuat pagar pemancang di tepi sungai untuk antisipasi sementara.

Plt. Camat Masaran, Ancil Sudarto, menyampaikan jarak bibir sungai dengan permukiman warga terdekat itu jaraknya tinggal 3 meter. Total panjang tanah pekarangan warga yang tergerus aliran Sungai Grompol, sebut dia, mencapai 75-100 meter dengan ketinggian tebing bervariasi 3-7 meter dan lebar bervariasi.

“Kalau total KK yang terancam mencapai 20 KK. Kami hanya bisa mengimbau kepada warga supaya waspada. Untuk antisipasi, warga bisa menanami pohon di bantaran sungai. Kalau masih takut ya mengungsi ke tempat yang aman,” tambahnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya