Tutup Iklan

BENCANA SRAGEN : 72 Desa Rawan Banjir, BPBD Siapkan 6 Posko

BENCANA SRAGEN : 72 Desa Rawan Banjir, BPBD Siapkan 6 Posko

SOLOPOS.COM - Seorang warga melintasi gapura pintu masuk Dukuh Bakung, Desa Pringanom, Masaran, Sragen yang tergenang air sedalam di atas lutut orang dewasa saat banjir melanda dukuh tersebut, Minggu (19/6/2016). (Tri Rahayu/JIBI/Solopos)

Bencana Sragen, untuk kesiapsiagaan menghadapi bencana, BPBD Sragen mendirikan enam posko.

Solopos.com, SRAGEN — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sragen membuat posko bencana banjir di enam desa sejak awal Oktober ini. Pendirian posko itu menyusul ditetapkannya darurat bencana di Sragen selama 1 Oktober 2016-31 Maret 2017.

Kepala Pelaksana BPBD Sragen, Heru Wahyudi, saat ditemui wartawan, Rabu (5/10/2016), mengatakan daerah rawan bencana banjir di Sragen berada di 72 desa yang tersebar di 11 kecamatan.

“Kami tidak memungkinkan untuk membangun posko di 72 desa itu karena sumber daya manusia [SDM] terbatas. Akhirnya, kami menyiasati membuat posko di tingkat kecamatan dan dua desa saja. Fungsi posko sebenarnya lebih pada upaya tanggap darurat bencana. Kami harus menyiapkan SDM untuk keenam posko itu dan menyiapkan sarana untuk penampungan pengungsi sebagai antisipasi awal,” kata Heru. (Baca juga: BPBD Dirikan Posko Siaga Bencana di 13 Lokasi)

Heru mengatakan tempat yang efektif untuk menampung pengungsi berupa bangunan permanen dengan ruang yang luas, seperti sekolahan atau aula/balai desa. Dia menjelaskan SDM di posko tingkat desa dikoordinasi kepala desa setempat dan posko di tingkat kecamatan dikoordinasi kasi ketentraman dan ketertiban (trantib) kecematan setempat.

Selain sarana dan SDM, Heru juga memikirkan tentang jalur evakuasi korban bencana. Dalam waktu dekat, Heru akan mengumpulkan para sukarelawan BPBD, satuan tugas (satgas) BPBD, mitra BPBD seperti TNI, Polri, dan SDM di tingkat desa dan kecamatan untuk koordinasi bersama. Dia berencana mengumpulkan mereka setelah mengikuti gelar pengurangan risiko bencana tingkat nasional di Manado.

“Langkah-langkah itu yang kami siapkan sejak dini. Untuk peralatan seperti tenda dan seterusnya hanya digunakan dalam kondisi darurat. Selain persiapan teknis antisipasi di posko bencana, kami juga memiliki program rutin berupa kali bersih dengan menggandeng Badan Lingkungan Hidup [BLH],” kata Heru.

Dia jadi ingat hasil evaluasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tentang kasus banjir bandang di Garut, Jawa Barat. Heru menyampaikan bencana banjir bandang di Garut itu disebabkan ulah manusia.

Sungai Garut, sambung dia, beralih fungsi sebagai tempat pembuangan sampah. Penumpukan sampah di aliran sungai itu terjadi seiring pelebaran bangunan di bantaran sungai yang semakin menjorok ke sungai. Akibatnya, aliran sungai menjadi menyempit.

“Ketika volume air membesar ternyata tidak mampu ditahan oleh bendungan dan berakibat pada banjir bandang disertai lumpur,” tuturnya.

Di mana saja lokasi posko penanggulangan banjir di Sragen? Berikut datanya.

  1. Balai Desa Tangkil, Kecamatan Sragen Kota
  2. Kantor Kecamatan Sidoharjo
  3. Kantor Kecamatan Masaran
  4. Balai Desa Gawan, Kecamatan Tanon
  5. Kantor Kecamatan Tangen
  6. Kantor Kecamatan Sambirejo

Berita Terkait

Berita Terkini

Sering Bersin Ciri Penerima Vaksin Kena Covid-19

Seseorang yang sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 masih harus tetap menghindari virus corona pemicu Covid-19.

Solo Bersiap Terapkan Jam Malam

Meningkatnya penularan virus corona di wilayah eks Karesidenan Surakarta membuat Pemkot Solo berencana menerapkan jam malam Covid-19.

Dompet Cekak, Mungkinkah Jakarta Disuntik Dana Sri Mulyani?

Dompet Jakarta terlampau cekak untuk menggerakkan iklim membangun sehingga harus mengharap disuntik dana dari Menkeu Sri Mulyani.

Korsel Gencarkan Vaksinasi, Jumlah Pasien Kritis Covid-19 Menurun

Korea Selatan atau Korsel menyatakan efek vaksinasi virus corona pencegah Covid-19 mulai terlihat pada penurunan jumlah pasien kritis.

Kendaraan Listrik Diramalkan Capai Puncak Penjualan 2033

Kendaraan listrik global diramalkan mencapai puncak penjualan tahun 2033 yang berarti lima tahun lebih awal daripada perkiraan sebelumnya.

Malaysia Targetkan Vaksinasi 60% Penduduk

Pemerintah Malaysia menargetkan dapat melakukan vaksinasi terhadap 60% penduduk dengan deadline akhir September 2021.

Panen Hadiah Simpedes BRI Klaten Diundi, Ini Nasabah Yang Beruntung Dapat Honda Mobilio

Bank BRI Cabang Klaten menggelar penarikan undian panen hadiah Simpedes periode II dengan hadiah utama satu unit mobil Honda Mobilio.

Kronologi Munculnya Klaster Takziah Covid-19 di Kabupaten Pasuruan

Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan menemukan klaster takziah di Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen. Ada 21 orang positif terpapar Covid-19.

Begini Perketatan Aktivitas Masyarakat Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali melakukan perketatan aktivitas masyarakat selama masa PPKM Skala Mikro.

Sinyal Ferdinand Sinaga Merapat ke Persis Solo

Seorang sumber Solopos.com menyebut peluang Ferdinand merapat ke Persis mencapai 90%.

3 Zodiak Ini Konon Insan Paling Kreatif

Dalam urusan kreativitas, ada beberapa orang yang bingung dengan idenya, namun ada yang mudah mewujudkan layaknya zodiak insan kreatif.