SOLOPOS.COM - Gunung Merapi (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Harianjogja.com, SLEMAN- Ratusan warga Desa Candibinangun, Kabupaten Sleman, melakukan gladi lapang mitigasi bencana di Lapangan Desa Candibinangun, Selasa (23/9/2014).

Kegiatan tersebut untuk menyiapkan masyarakat menghadapi ancaman lahar dingin Gunung Merapi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Bupati Sleman, Sri Purnomo, mitigasi bencana tidak hanya jadi tanggung jawab tim relawan, melainkan juga butuh dukungan dari seluruh warga.

“Warga juga harus memiliki pengetahuan dan keterampilan menghadapi bencana. Harapannya, kesiapsiagaan itu bisa mengantisipasi jatuhnya korban jiwa,” kata Sri Purnomo, dalam rilisnya kepada media, Selasa (23/9/2014).

Peran warga menjadi kunci pokok dalam usaha pengurangan resiko bencana. “Agar lebih optimal, rencana mitigasi harus mengadopsi dan memperhatikan kearifan lokal serta pengetahuan tradisional yang berkembang di masyarakat,” ujar Sri Purnomo.

Dalam kesempatan ini, Sri Purnomo juga mengukuhkan Candibinangun sebagai Desa Tangguh Bencana.

“Masyarakat harus lebih siap menghadapi bencana dengan melakukan langkah-langkah pencegahan dan kesiapsiagaan,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya