Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Bencana Magetan yakni tanah longsor terjadi di Desa Gonggang.

Solopos.com, MAGETAN - Rumah Kaderi, 35, di Desa Gonggang, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, diterjang tanah longsor, Rabu (18/1/2017), hingga membuat tembok bangunannya jebol. Saat kejadian, Kaderi dan keluarganya sempat menyelamatkan diri sehingga tidak tertimbun material tanah longsor.

"Saat itu saya bersama istri dan kedua anak saya sedang menonton televisi. Tiba-tiba terdengar suara gemuruh dan langsung tembok rumah saya jebol. Beruntung kami langsung berlari keluar rumah," ujar Kaderi kepada wartawan.

Saat diamati, kata Kaderi, ternyata tebing setinggi hampir 10 meter yang berada di samping rumah mengalami longsor. Hujan deras yang mengguyur selama beberapa hari diduga membuat tebing tersebut labil akibat tidak kuat menahan gerusan air.

Sejumlah warga bersama petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, polsek, dan koramil setempat bekerja bakti membantu pemilik rumah membersihkan material longsoran yang menimbun.

Selain meruntuhkan temboknya yang baru dibangun enam bulan lalu, material tanah longsor tersebut juga menimbun sejumlah ruangan dan peralatan rumah tangganya.

Tidak hanya rumah Kaderi, rumah milik Pandi yang ada di dekatnya juga terancam terkena bencana longsor. Warga diminta waspada dengan bencana tanah longsor susulan.

BPBD Magetan memetakan Kecamatan Poncol termasuk daerah rawan longsor saat hujan deras melanda selama beberapa jam. Hal itu karena hampir semua desa, termasuk Desa Gonggang, di Kecamatan Poncol terdapat titik longsor.  Selain Poncol, wilayah rawan longsor lainnya adalah Kecamatan Plaosan, Panekan, Sidorejo, dan Parang.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten