SOLOPOS.COM - Insta Stories dosen cerita terenyuh tentang dosen (Twitter)

Bencana Madiun, Pemkab Madiun mewaspadai bencana kekeringan dan kebakaran.

Madiunpos.com, MADIUN — Sebanyak 29 desa di lima kecamatan di Kabupaten Madiun rawan terjadi kekeringan dan krisis air bersih. Yakni di Kecamatan Balerejo ada sembilan desa, Kecamatan Pilangkenceng enam desa, Kecamatan Gemarang enam desa, Kecamatan Wonoasri enam desa, dan Kecamatan Saradan terdapat tiga desa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Madiun, Edi Hariyanto, di Madiun, Jumat (6/10/2017), mengatakan kewaspadaan tersebut penting dilakukan karena terdapat sejumlah wilayah di Kabupaten Madiun yang rawan terjadi kekeringan dan krisis air bersih saat musim kemarau berlangsung setiap tahunnya.

“BPBD sudah memetakan daerah mana yang rawan kering. Selain memetakan, kami juga menganalisis kondisi tiap desa yang masuk peta rawan. Jika sampai krisis, kami harus siap sedia,” ujar Edi kepada wartawan.

Menurut dia, dari 29 desa rawan kekeringan tersebut, terdapat enam desa di tiga kecamatan yang paling parah mengalami bencana kekeringan.

Keenam desa tersebut, antara lain Desa Bulu dan Desa Kenongorejo di Kecamatan Pilangkenceng, serta Desa Tawangrejo, Batok, dan Desa Nampu di Kecamatan Gemarang. Juga Desa Plumpungrejo di Kecamatan Wonoasri.

Pihaknya menilai, meski sebagian wilayah telah diguyur hujan, namun di beberapa daerah yang dipetakan tersebut masih rawan kekeringan. Diperkirakan, musim kemarau masih akan berlangsung hingga November mendatang.

Guna menghadapi kondisi tersebut, BPBD Kabupaten Madiun akan bekerja sama dengani PDAM Kabupaten Madiun untuk melaksanakan pengiriman air bersih sesuai permintaan warga.

“Untuk sekarang, seluruh wilayah masih aman. Tapi jika sewaktu-waktu terjadi kekeringan, warga diminta segera saja melapor kepada kami,” katanya.

Edi menambahkan, selain kekeringan, pihaknya juga mewaspadai bencana kebakaran hutan pada musim kemarau saat ini. Hal itu karena 40 persen wilayah Kabupaten Madiun adalah hutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya