BENCANA JATENG : Tanah Longsor di Purbalingga, Pria Ini Batal Gelar Sunatan Anaknya

BENCANA JATENG : Tanah Longsor di Purbalingga, Pria Ini Batal Gelar Sunatan Anaknya

SOLOPOS.COM - Ilustrasi bencana tanah longsor. (Rima Sekarani/JIBI/Harian Jogja)

Bencana tanah longsor kembali melanda wilayah Jawa Tengah (Jateng).

Solopos.com, PURBALINGGA - Bencana alam tanah longsor kembali melanda wilayah Jawa Tengah (Jateng). Setelah desa di Kabupaten Brebes, kini giliran desa di Kabupaten Purbalingga yang dilanda tanah longsor.

Bencana tanah longsor di Purbalingga itu terjadi di Desa Jingkang, Kecamatan Jambu, Kamis (22/2/2018) sekitar pukul 22.00 WIB. Akibat bencana itu, empat orang dinyatakan tewas sementara enam orang lainnya mengalami luka-luka.

Dilansir laman Internet resmi Pemprov Jateng, satu korban yang tewas adalah Muhammad Sifaul Umam, 9, warga RT 003/RW 004 Desa Jingkang, Kecamatan Jambu. Padahal putra Solihun itu rencana menjalani khitan atau akan disunat.

Selain batal menyunatkan anaknya, Solihun juga menikahkan putranya yang lain, Puji Safangat, 19. Puji batal menggelar ijab kabul yang rencana digelar pekan ini karena mengalami luka-luka pada kakinya akibat bencana tanah longsor yang menerjang rumahnya.

“Bencana tanah longsor itu sangat tiba-tiba. Rumah kami mendadak roboh setelah tertimpa tanah. Anak saya Muhamad Sifaul Umam, meninggal di kamar bersama teman-temannya. Saya, istri dan anak pertama, Puji, bisa menyelamatkan diri. Saya menerima bencana ini, karena sudah menjadi kehendak Yang Maha Kuasa,” tutur Solihin dikutip dari laman Internet resmi Pemprov Jateng, Jumat (23/2/2018).

Bupati Purbalingga, Tasdi, Wakil Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, Sekda Wahyu Kontardi, serta sejumlah pejabat Pemkab Purbalingga ikut menghadiri pemakaman korban tanah longsor itu.

Jenazah dilepas dari balai desa setempat, sekitar 1,5 kilometer dari rumah keluarga korban. Selain Sifaul tanah longsor di Purbalingga itu juga menewaskan tiga orang lainnya yang masih anak-anak. Ketiga korban itu, yakni Safngatul Isman bin Suyatno, 4, Abdul Roup bin Sukimin, 9, dan Alkaromi bin Nurofik, 7.

Sementara korban luka-luka, yakni Sahrudin, 68, Sohimin, 38, Ruslan, 25, Ojan, 16, Sarif, 35, dan Karsum, 16. Saat kejadian, seluruh korban baik yang tewas maupun mengalami luka-luka tengah berkumpul di rumah Solihin guna mempersiapkan hajatan Sifaul yang rencana disunat Jumat ini.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Kapal Penangkap Ikan Indonesia Kecelakaan di Samudera Hindia

Kementerian Luar Negeri menginformasikan adanya kapal penangkap ikan bernama KM Bandar Nelayan 188 yang kecelakaan mengalami kebocoran di Samudera Hindia.

Ini Nama-Nama Korban Perahu Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali

Sebanyak sembilan orang menjadi korban perahu wisata yang terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali, Sabtu (15/5/2021) siang WIB. Sementara 11 orang lainnya dinyatakan selamat.

Mau Bikin Video Klip Tema Alam? Cek Dulu Sekipan

Mau bikin video klip tema alam? Anda bisa cek ke Sekipan, Tawangmangu.

Pemboman Israel Hancurkan Gedung Pusat Media di Gaza

Pesawat-pesawat tempur Israel pada Sabtu (15/5/2021) menghancurkan sebuah gedung tempat sejumlah media internasional seperti Aljazeera dan Associated Press berkantor.

Istri PB XII Tutup Usia, Saatnya Regenerasi Pengelolaan Keraton Solo?

Petugas Humas dari Maha Menteri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, K.G.P.H.P.A. Tedjowulan, K.P. Bambang Pradotonagoro, menilai sudah saatnya dilakukan persiapan regenerasi pengelolaan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Kita Harus Menjadi Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu, 5 Mei 2021. Esai ini karya Ardian Nur Rizki, guru di Sekolah Indonesia Luar Negeri Johor Bahru, Malaysia.

BTS Jadi Bintang Tamu di "Friends: The Reunion," Begini Respons Penggemar

BTS jadi bintang tamu di Friends: The Reunion.

Mantap! TSTJ Solo Zoo Siapkan Wahana Makan Durian di Tepi Danau

Pengelola Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Solo Zoo menyiapkan wahana baru makan durian di pinggir danau untuk menarik pengunjung pada Libur Lebaran 2021.

Korban Perahu Wisata Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali: 5 dari Juwangi, 4 Grobogan

Sebanyak sembilan orang menjadi korban kecelakaan perahu wisata terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021).

H+2 Lebaran, 11.700 Kendaraan ke Jateng Dipaksa Putar Balik

Sebanyak 11.700 kendaraan dari wilayah Jawa Barat (Jabar) yang menuju Jawa Tengah (Jateng) harus putar balik  pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021).

Patroli Objek Wisata Air Klaten, Polisi Tak Temukan Pelanggaran Protokol Kesehatan

Pengelola objek wisata air Klaten juga sudah menyiapkan alat pengeras suara untuk mengimbau ke seluruh pengunjung.

Arus Turun Wisatawan dari Tawangmangu dan Ngargoyoso Lancar

Arus turun kendaraan wisatawan dari Ngargoyoso dan Tawangmangu, Karanganyar terpantau lancar Sabtu (15/5/2021) sore.