Warga melakukan pembersihan pascabanjir yang melanda kawasan wisata Dieng, Wonosobo, Jateng, Minggu (26/2/2017). (JIBI/Semarangpos.com/Istimewa-BPBD Jateng)

Bencana alam banjir dan tanah longsor melanda kawasan wisata Dieng di Wonosobo, Jateng.

Solopos.com, SEMARANG — Bencana alam tanah longsor yang disertai banjir melanda kawasan wisata Dieng di Wonosobo, Jawa Tengah (Jateng), Minggu (26/2/2017) sore. Akibat bencana alam itu, akses masuk ke kawasan wisata Dieng di Desa Parikesit, Kejajar, Wonosobo, Jateng pun untuk sementara waktu ditutup.

Informasi yang diterima Semarangpos.com dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jateng, Minggu petang, menyebutkan bencana di kawasan wisata Dieng itu terjadi sekitar pukul 16.10 WIB. Kejadian itu bermula dari longsor yang terjadi di Gunung Prahu akibat turunnya hujan dalam intensitas tinggi di kawasan tersebut.

"Longsoran dari Gunung Prahu inilah yang menutup hulu Sungai Serayu hingga menyebabkan airnya meluap. Luapan air bahkan sampai ke Gapura Selamat Datang di kawasan wisata Dieng," tulis Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Jateng, Sarwa Permana, dalam siaran pers, Minggu (26/2/2017).

Sarwa menambahkan akibat luapan air Sungai Serayu itu arus lalu lintas di rest area pintu masuk kawasan wisata Dieng sempat ditutup. Namun, setelah dilakukan pembersihan oleh warga dan aparat desa setempat, arus lalu lintas tersebut kembali lancar.

"Tak ada korban jiwa dalam bencana itu, hanya ada satu bengkel yang kebanjiran. Meski demikian kami mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan hati-hati terhadap terjadinya longsor maupun banjir susulan," jelas Sarwa.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten