BENCANA JATENG : Pemerintah Didesak Renovasi Sekolah Langganan Banjir di Kudus

 Siswa-siswi SDN 4 Golantepus, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, Jateng menerima bantuan peralatan sekolah dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kudus yang melakukan bakti sosial dalam rangka Hari Pers Nasional, Senin (12/2/2018). (JIBI/Solopos/Antara/Akhmad Nazaruddin Lathif)

SOLOPOS.COM - Siswa-siswi SDN 4 Golantepus, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, Jateng menerima bantuan peralatan sekolah dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kudus yang melakukan bakti sosial dalam rangka Hari Pers Nasional, Senin (12/2/2018). (JIBI/Solopos/Antara/Akhmad Nazaruddin Lathif)

Bencana banjir Kudus, Jateng membuat sejumlah sekolah menjadi langganan tergenang air dan membuat wartawan pun prihatin.

Semarangpos.com, KUDUS — Dunia Pendidikan Kudus yang kini diwarnai sekolah-sekolah langganan banjir membuat para wartawan prihatin. Pemkab Kudus didesak merenovasi bangunan sekolah yang menjadi langganan bencana banjir tersebut sehingga proses belajar mengajar para siswa setempat tidak terganggu.

“Kami memang berharap, tiga ruang kelas di SDN 4 Golantepus direnovasi agar saat banjir tetap bisa digunakan untuk belajar mengajar,” kata Kepala SD 4 Golantepus, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, Djoko Mulyono, saat menerima pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kudus yang melakukan bakti sosial dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN), Senin (12/2/2018).

Dari enam ruang kelas, papar dia, memang masih ada tiga ruang kelas yang bangunannya belum direnovasi sehingga ketika banjir selalu tergenang. Karena bangunannya merupakan bangunan lama, kata dia, ketinggian genangannya cukup tinggi, mengingat posisi lantai bangunan lebih rendah dibandingkan dengan jalan desanya.

Sementara tiga ruang kelas lainnya, lanjut dia, sudah direnovasi dan lantainya juga lebih tinggi, dibandingkan sebelumnya. “Kalaupun terjadi banjir, masih bisa digunakan untuk belajar mengajar siswa,” ujarnya.

Karena tiga ruang kelas belum direnovasi, kata dia, untuk siswa kelas I, II dan III terpaksa diliburkan, sedangkan kelas IV, V dan VI tetap masuk, karena bisa menggunakan ruang kelas yang sudah direnovasi, sedangkan ruang kelas yang belum direnovasi tidak bisa digunakan untuk kegiatan belajar mengajar karena ketinggian genangan bisa mencapai 1 meteran.

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kudus Joko Susilo mengungkapkan, Disdikpora memang tengah mendata sejumlah SD yang langganan dilanda banjir. “Rencananya, memang akan dilakukan perbaikan, termasuk jika ruang kelasnya ada yang rusak atau perlu direnovasi dengan ditinggikan lantainya agar saat banjir bisa digunakan untuk proses belajar mengajar,” ujarnya.

Anggaran yang bisa digunakan, kata dia, bisa dari APBD Kudus atau dari pemerintah pusat. Hanya saja, lanjut dia, dana yang tersedia biasanya memang terbatas, sehingga sekolah yang akan mendapatkan bantuan tentunya ditentukan berdasarkan skala prioritas.

Beberapa sekolah yang termasuk rawan genangan banjir, di antaranya SDN 3 Jati Wetan dan SDN 2 Tanjungkarang di Kecamatan Jati, SDN 1 dan SDN 2 Setrokalangan di Kecamatan Kaliwungu, SDN 4 Temulus, SDN 4 Payaman, SDN 3 Mejobo, dan SDN 4 Golantepus di Kecamatan Mejobo, serta SDN 2 dan SDN 4 Karangrowo di Kecamatan Undaan.

Dalam rangka memeringati Hari Pers Nasional (HPN) 2018, PWI Kabupaten Kudus menyalurkan bantuan peralatan sekolah kepada 67 siswa SDN 4 Golantepus. Ketua PWI Kabupaten Kudus Saiful Annas mengungkapkan, bantuan tersebut disalurkan setelah sejumlah wartawan meliput kondisi banjir di sekolah itu.

Selanjutnya, kata dia, muncul kesepakatan untuk mengumpulkan donasi berupa peralatan sekolah untuk para siswa. “Dengan bantuan yang kami himpun dari para donatur dan rekan-rekan PWI ini, kami berharap para siswa semakin termotivasi untuk belajar lebih giat,” ujarnya.

Bantuan yang diserahkan, berupa tas sekolah, buku tulis, buku gambar, krayon, pensil dan pulpen. “Kami mendorong Pemkab Kudus melalui Disdikpora untuk memprioritaskan perbaikan sekolah yang berada di daerah rawan banjir,” ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Espos Premium

Akhirnya Indonesia Pilih Kapal Perang Baru Desain Inggris

Akhirnya Indonesia Pilih Kapal Perang Baru Desain Inggris

Indonesia membeli lisensi desain kapal perang jenis frigat yang akan dibuat oleh PT PAL di Surabaya. Desain yang dipilih adalah Arrowhead 140 dari Babcock, Inggris, yang berbobot lebih dari 5.000 ton dan akan menjadi kapal frigat terbesar Indonesia.

Berita Terkini

Belajar Bahasa Inggris sambil Rebahan? Yuk, Simak Cara Berikut Ini

Di era globalisasi saat ini, kemampuan berbahasa Inggris sebagai bahasa global bukan lagi menjadi sebuah pilihan, melainkan sebuah kebutuhan.

Kisah Kades Gempol Klaten yang Diprimpeni Arwah Leluhur saat Jalani Isoman

Kepala Desa (Kades) Gempol, Kecamatan Karanganom, Edy Suryanta, merupakan salah seorang penyintas Covid-19 di desanya, Jumat (17/9/2021).

Ella Skin Care Menginspirasi melalui 1.000 Serum

Ella Skin Care dengan produknya Matcha Sebo Control Serum mengatasi masalah jerawat yanpa efek samping.

Silaturahmi ke Kediaman Habib Luthfi Pekalongan, Airlangga: Beliau Orang Tua Kita

Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto sowan ke kediaman Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya atau Habib Luthfi.

Viral Pelajar SMA Jadi MUA, Hasil Riasannya Bikin Kaget Warganet

Seorang pelajar SMA yang diketahui bernama Desi menjadi sorotan karena keterampilannya jadi MUA. 

Potensi Pendapatan Rp42 Triliun, Ini 5 Fakta Merger Indosat dan Tri

Induk PT Indosat Tbk., Ooredoo Q.P.S.C., dan induk PT Hutchison 3 Indonesia, CK Hutchison Holdings Limited resmi bergabung atau merger.

Tak Hanya White Tiger, Monstera Variegata Marble Juga Jadi Primadona, Harganya Rp3 Juta per Daun

Petani dan pedagang tanaman hias di lereng Gunung Lawu ini menyebut bukan hanya Monstera White Tiger yang sedang hits. Dia menyebut Monstera Variegata Marble juga menjadi primadona.

Tak Cuma Dapat Bantuan Uang Buat Ngontrak, Sekeluarga Tidur di Wedangan Kartasura Juga Dapat Motor

Sekeluarga yang tidur dikolong meja di wedangan di Kartasura, Sukoharjo, mendapat bantuan senilai Rp32.650.000. Bantuan itu kemudian diwujudkan dalam bentuk motor, uang kontrakan, dan sebagainya.

118,36 Juta Dosis Telah Disuntikkan, Pemerintah Terus Upayakan Akselerasi Vaksinasi

Akselerasi vaksinasi baik dalam hal distribusi maupun pelaksanaannya terus dilakukan Pemerintah.

Para Penyanyi Tanah Air Ini Pernah Alami Insiden Memalukan di Panggung

Berbagai insiden memalukan yang dialami para penyanyi ini saat tampil di panggung adalah terjungkal hingga kostum melorot.

Akhirnya Indonesia Pilih Kapal Perang Baru Desain Inggris

Indonesia membeli lisensi desain kapal perang jenis frigat yang akan dibuat oleh PT PAL di Surabaya. Desain yang dipilih adalah Arrowhead 140 dari Babcock, Inggris, yang berbobot lebih dari 5.000 ton dan akan menjadi kapal frigat terbesar Indonesia.

Bikin Penasaran! Wisata Curug Sirawe Batang Tawarkan Pesona Aliran Air Panas dan Dingin Terjun Bersama

Wisata Curug Sirawer Batang memiliki keunikan yakni curug air panas yang bersuhu tinggi dan satu curug bersuhu sangat dingin mengucur bersamaan.

Prediksi PSIS Vs Perisraja: Paulo Henrique Jadi Ancaman Mahesa Jenar

PSIS Semarang akan tampil penuh motivasi melawan Persiraja Banda Aceh menyusul hasil positif yang mereka raih di dua laga sebelumnya.

Pakai Brand Louis Vuitton, Item Fashion Luna Maya Jadi Sorotan Warganet

Luna Maya diketahui mengenakan item fashion keluaran Louis Vuitton saat berpose dengan latar belakang jalanan New York City, Amerika Serikat.

Tsunami akibat Gempa Megathrust Mengancam, 7 dari 8 EWS di Kulonprogo Malah Rusak

Tujuh dari delapan sistem peringatan dini di pantai selatan Kulonprogo rusak. Padahal ancaman gempa megathrust yang berpotensi tsunami membayangi.