SOLOPOS.COM - Ilustrasi (newsradio.me)

Bencana Jateng berupa tanah longsor masih mengancam sebagian wilayah.

Semarangpos.com, CILACAP- Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Cilacap mengimbau warga Purwokerto dan Banjarnegara, Jawa Tengah untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya tanah longsor pada Januari ini.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

“Ini karena curah hujan pada bulan Januari untuk wilayah tengah Jateng seperti Purwokerto dan Banjarnegara diprakirakan normal hingga di atas normal,” kata Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi BMKG Cilacap Teguh Wardoyo di Cilacap, Selasa (5/1/2016).

Ekspedisi Mudik 2024

Ia memprakirakan curah hujan pada bulan Januari untuk wilayah Jateng bagian tengah berkisar 400-500 milimeter sehingga termasuk kategori di atas normal.

Oleh karena itu, kata dia, warga yang bermukim di wilayah Jateng bagian tengah terutama di daerah perbukitan diimbau untuk waspada terhadap kemungkinan terjadinya tanah longsor.

Sementara untuk wilayah Jateng selatan termasuk Kabupaten Cilacap bagian barat, lanjut dia, curah hujan pada bulan Januari diprakirakan berlangsung normal, yakni berkisar 300-400 meter.

Kendati demikian, dia mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan dalam satu hari atau dalam hitungan jam ada daerah yang diguyur hujan lebat dengan curah di atas 50 militer sehingga warga Jateng selatan yang bermukim di daerah rawan longsor dan banjir diimbau untuk tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana tersebut.

“Khusus untuk curah hujan pada bulan Desember 2015 di Cilacap, berdasarkan hasil evaluasi menunjukkan kondisi di bawah normal sesuai prakiraan awal karena hanya mencapai 399,2 milimeter. Dalam kondisi normal, curah hujan pada bulan Desember bisa mencapai 500 milimeter,” katanya.

Ia mengatakan bahwa kondisi tersebut terjadi karena masih adanya pengaruh El Nino. Bahkan, kata dia, El Nino masih berpotensi mempengaruhi kondisi cuaca pada bulan Januari meskipun tidak sekuat sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya