Tutup Iklan

BENCANA JATENG : Longsor di Grobogan, 9 KA Alih Jalur

BENCANA JATENG : Longsor di Grobogan, 9 KA Alih Jalur

SOLOPOS.COM - Ilustrasi tanah longsor (JIBI/Solopos/Antara)

Bencana alam tanah longsor di Grobogan, Jawa Tengah (Jateng) berdampak pada perjalanan kereta api.

Solopos.com, SEMARANG – Sebanyak sembilan kereta api (KA) yang melintasi Grobogan, Jawa Tengah (Jateng) terpaksa harus mengalihkan jalurnya akibat bencana alam tanah longsor di Gundih-Karangsono atau rute KM 61+7/8, Sabtu (17/2/2018).

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daops) IV Semarang, Suprapto, mengatakan bencana alam itu itu membuat petak jalan penghubung akses Semarang-Solo tak bisa dilewati karena tertutup longsoran tanah.

"Telah terjadi tanah longsor sepanjang 20 meter di KM 61 + 7/8 (Gundih-Karangsono)," kata Suprapto dilansir laman berita Antara, Sabtu.

Suprapto mengatakan longsor terjadi pada Sabtu, pukul 05.20 WIB, antara Gundih-Karangsono. KA yang melintasi jalur itu pun terpaksa harus beralih jalur, memutar dari Solo Balapan-Gundih-Gambringan-Ngrombo-Brumbung-Semarang dan sebaliknya dari arah Semarang-Solo Balapan.

"Kalau biasanya atau rute semula adalah Solo Balapan-Gundih-Kedungjati-Brumbung-Semarang, dan sebaliknya. Keterlambatan akibat pola operasi memutar ini diperkirakan kurang lebih satu jam," katanya.

Sembilan KA yang harus memutar, kata dia yakni, KA 175 (KA Brantas relasi Blitar-Pasar senen), KA 55 (KA Bangunkarta relasi Surabaya Gubeng-Jakarta), dan KA 56 (KA Bangunkarta relasi Jakarta-Surabaya Gubeng).

Kemudian, KA 172 (KA Matarmaja relasi Pasar senen-Malang), KA 171 (KA Matarmaja relasi Malang-Pasar senen), KA 176 (KA Brantas relasi Pasar Senen-Blitar), KA 141 (KA Majapahit relasi Malang-Pasar Senen).

"Dua lainnya, yakni KA 142 (KA Majapahit relasi Pasar Senen-Malang) dan KA 410/ 409 (KA Kalijaga relasi Semarang Poncol-Solo balapan). Sampai sekarang, kondisi jalur masih belum bisa dilalui," katanya.

Menurut dia, proses pembersihan material longsor dari jalur rel sangat bergantung dengan kondisi cuaca. Jika kondisi cuaca cerah, maka proses pembersihan longsor bisa berlangsung lebih cepat.

"Sampai pukul 19.30 WIB, jalur itu masih belum bisa dilalui. Kami kerahkan dua tim petugas untuk membersihkan jalur, satu shiftnya ada 30 petugas. Atas keterlambatan ini, kami meminta maaf," kata Suprapto.

Berita Terkait

Berita Terkini

Jadwal Euro 2020 Malam Ini, Inggris Vs Skotlandia Main Pukul 02.00 WIB

Inggris dan Skotlandia acapkali disebut punya rivalitas tertua di dunia, keduanya melakoni duel pertama pada 30 November 1872.

Underpass Makamhaji Sukoharjo Rawan Kecelakaan, Banyak Pengemudi Tak Melihat Beton Pembatas Jalan

Kecelakaan lalu lintas kerap kali terjadi di area Underpass Makamhaji, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. Terbaru, mobil menabrak beton pembatas jalan.

Waduh! Kasus Covid-19 Naik Tajam, Mungkinkah RI Susul India?

Meski kasus Covid-19 naik tajam, sayangnya masih saja ada warga RI yang abai akan protokol kesehatan.

Gara-Gara Covid-19 Meningkat, 1 Gang di Selokaton Karanganyar Lockdown

Lockdown diberlakukan di salah satu gang perkampungan di Ngangkruk, Selokaton, akibat kasus Covid-19 cukup tinggi. 

Ribuan Petak Keramba Ikan di Rawa Jombor Klaten Terancam Digusur

Ribuan petak keramba ikan jaring apung yang berada di kawasan Rawa Jombor Klaten terancam digusur proyek revitalisasi.

Zonasi, Akselerasi Pendidikan yang Berefek Samping Buruk

Siswa dan ortu tidak bisa memilih sekolah favorit lewat jalur zonasi, sekolah pun tidak bisa mengharapkan siswa dengan kriteria tertentu.

Jasad Cucu Kadus Mlese Klaten Ditemukan, Hanyut 3,5 Km di Sungai Trucuk

Jasad LAA, 2,  cucu Kadus Mlese, Cawas, Klaten, yang hanyut di Sungai Trucuk ditemukan berjarak 3,5 km dari rumahnya, Jumat (18/6/2021).

Diduga Tertular Istri, Ketua DPRD Bantul Positif Covid-19

Ketua DPRD Bantul, Hanung Raharjo, menjalani isolasi mandiri bersama keluarga setelah dinyatakan positif Covid-19.

Swab Acak Sasar Pengguna Jalan di Kawasan Plaza Manahan Solo, Satu Orang Positif Covid-19

Jajaran Polresta Solo menggelar swab acak di Jl Adi Sucipto kawasan Plaza Manahan pada Jumat (18/6/2021) pagi WIB. Hasilnya, satu orang pengguna jalan terkonfirmasi positif dalam swab test.

Meninggal karena Covid-19, Ini Profil Wan Abud yang Terkenal dengan Ente Bahlul

Ini dia profil dan perjalanan karier dari komedian Wan Abud, pemain sinetron Putri Duyung yang meninggal dunia karena terpapar Covid-19.

Menko PMK Kunjungi Dukuh di Madiun yang Lockdown, Minta Masyarakat Waspadai Klaster Hajatan

Menko PMK lihat langsung dukuh di Kabupaten Madiun yang menjalani lockdown. Ia meminta warga untuk mewaspadai klaster hajatan.

Bawa Ribuan Butir Obat Terlarang, Pemuda asal Kedawung Sragen Diringkus Polisi

Pemuda asal Dukuh Selorejo RT 32, Desa Mojokerto, Kedawung, Sragen, diringkus polisi karena menjadi pengedar obat terlarang.