SOLOPOS.COM - Warga melihat cekungan tanah akibat tebing Kali Beji yang longsor di Dukuh Pulorejo, RT 017/RW 007, Desa Tambak, Karangdowo, Klaten, Rabu (8/11/2017). (Cahyadi Kurniawan/JIBI/Solopos)

Bencana tanah longsor menerjang Kampus STSS Kabupaten Semarang.

Semarangpos.com, SEMARANG – Bencana tanah longsor menerjang kampus Sekolah Tinggi Theologi Sangkakala (STTS) di jalan raya Salatiga-Kopeng, KM 7, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Senin (13/11/2017) malam. Akibat peristiwa itu, seorang mahasiswa meninggal dunia dan dua lainnya luka-luka.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang, Heru Subroto, menyebutkan longsor terjadi Senin malam sekitar pukul 20.15 WIB. Bencana tanah longsor itu kemungkinan besar diakibatkan hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah itu sejak siang.

“Hujan turun sejak pukul 14.00 WIB,” tutur Heru saat dihubungi Semarangpos.com, Selasa (14/11/2017).

Heru menambahkan lokasi sekitar kampus STTS memang berada di tebing-tebing lereng Gunung Merbabu. Hal itu pulalah yang membuat kawasan tersebut rawan tertimpa longsor.

Heru menuturkan sebelum longsor sempat terdengar suara gemuruh di belakang mes putri STTS. Tidak lama berselang, bangunan mes di bagian belakang roboh dan menimpa penghuni yang ada di dalamnya.

Mahasiswi asal Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Ressi, 22, meninggal dunia akibat tertimpa reruntuhan bangunan. Sementara dua korban lainnya, Marcelina, 19, asal Waingapu, Sumba Timur, dan Immanuel, 21, dari Timor Leste, luka-luka.

“Para korban sempat dirawat di RS Ario Wirawan, Salatiga,” tutur Heru.

Heru menambahkan setelah kejadian itu, BPBD langsung melakukan koordinasi untuk melakukan evakuasi. Meski demikian, evakuasi belum dilakukan secara maksimal karena tanah di sekitar lokasi bencana longsor itu masih basah dan labil.

“Kami menunggu kondisi agar aman lebih dulu. Jangan sampai operasi justru menimbulkan korban,” tutur mantan Kabag Humas Pemkab Semarang tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya