SOLOPOS.COM - Warga beraktivitas di atas tanggul Sungai Bengawan Solo dan mengamati ketinggian air yang menggenangi permukiman bantaran di Kampung Putat, Jebres, Solo, Minggu (19/6/2016). (Ivanovic Aldino/JIBI/Solopos)

Bencana Jateng, BNPB merilis fenomena La Nina menjadi penyebab sejumlah bencana yang terjadi di Jateng.

Solopos.com, JAKARTA– Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut anomali cuaca karena fenomena La Nina menjadi penyebab bencana yang terjadi di Jateng.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

“Hangatnya suhu muka laut di atas normal di perairan Indonesia Barat dan masuknya aliran massa udara basah dari samudera,” ujar Kepala Pusdatin Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, seperti dilansir Antara, Senin (20/6/2016).

Dia menambahkan BNPB telah memerintahkan semua badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi banjir, longsor dan puting beliung. Sementara itu, ribuan rumah di Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur terendam banjir, Minggu (19/6/2016).

Selain itu, sejumlah daerah di Jawa Tengah bahkan mengalami bencana tanah longsor akibat hujan deras yang mengguyur sepanjang akhir pekan.

Sutopo mengatakan Kabupaten Purworejo menjadi daerah yang terparah dilanda bencana. Pada saat ini, BNPB tengah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk melakukan penanganan darurat banjir dan longsor.

“Logistik dan peralatan di gudang BPBD telah dikerahkan untuk membantu masyarakat terdampak bencana,” katanya.

Pencarian korban hilang, tambah dia, juga masih terus dilakukan oleh tim gabungan dan tim reaksi cepat yang telah berada di lokasi. “Tim SAR gabungan dan tim reaksi cepat terus melakukan pencarian korban hilang dan proses evakuasi,” katanya.  BNPB juga telah mengerahkan pesawat tanpa awak untuk melakukan kajian cepat dampak bencana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya