BENCANA JATENG : Bahaya Longsor Ancam Ribuan Warga di 4 Wilayah Ini

BENCANA JATENG : Bahaya Longsor Ancam Ribuan Warga di 4 Wilayah Ini

SOLOPOS.COM - Kalakhar BPBD Jateng, Sarwa Pramana, saat dijumpai Semarangpos.com di ruang kerjanya, Selasa (6/2/2018). (JIBI/Semarangpos.com/Imam Yuda S.)

Bencana tanah longsor mengancam sejumlah wilayah di Jawa Tengah (Jateng).

Solopos.com, SEMARANG – Bencana banjir bandang saat ini memang tengah melanda sejumlah wilayah di Jawa Tengah (Jateng). Kendati demikian, bukan hanya banjir yang patut diwaspadai masyarakat di Jateng tapi juga tanah longsor.

Bahkan, akibat ancaman bencana tanah longsor ribuan warga yang berdomisili di Kabupaten Wonogiri, Purworejo, Cilacap, dan Banjarnegara harus segera direlokasi ke tempat yang lebih aman.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jateng, Sarwa Pramana, menyebutkan ribuan warga itu harus direlokasi menyusul daerah yang ditinggali terjadi pergerakan tanah. Dengan intensitas hujan yang lebat terus menerus, kondisi tanah yang bergerak itu sangat berpotensi mengalami longsor.

“Tanda-tandanya sudah kelihatan. Sudah dilakukan survei oleh PVMBG [Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi] juga dan direkomendasikan untuk direlokasi. Sehingga, harus segera pindah guna mengantisipasi jatuhnya banyak korban akibat longsor,” ujar Sarwa saat dijumpai Semarangpos.com di kantornya, Semarang, Jateng, Selasa (6/2/2018).

Sarwa menyebutkan sebenarnya tanda-tanda pergerakan tanah di keempat wilayah itu sudah lama terdeteksi. Namun, dari warga setempat tidak ada penanganan secara riil untuk mengantisipasi dengan menutup retakan tanah menggunakan tanah liat.

“Seharusnya begitu melihat ada retakan tanah langsung ditutup dengan tanah liat sehingga pergerakan tanahnya bisa diantisipasi,” ungkap Sarwa.

Sarwa menambahkan wilayah yang terancam bencana longsor di Jateng itu rata-rata berada di dataran tinggi. Oleh sebab itu, pemerintah setempat harus segera merelokasi warga di sekitar daerah itu ke lokasi yang lebih aman.

“Dari kami [Pemprov Jateng] siap memberikan dana untuk relokasi bencana. Tapi, lahan untuk relokasinya harus sudah disiapkan lebih dulu oleh pemerintah setempat. Begitu ada lahannya, kami langsung berikan dana sekitar Rp1 miliar,” ujar Sarwa.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Mau Bikin Video Klip Tema Alam? Cek Dulu Sekipan

Mau bikin video klip tema alam? Anda bisa cek ke Sekipan, Tawangmangu.

Pemboman Israel Hancurkan Gedung Pusat Media di Gaza

Pesawat-pesawat tempur Israel pada Sabtu (15/5/2021) menghancurkan sebuah gedung tempat sejumlah media internasional seperti Aljazeera dan Associated Press berkantor.

Istri PB XII Tutup Usia, Saatnya Regenerasi Pengelolaan Keraton Solo?

Petugas Humas dari Maha Menteri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, K.G.P.H.P.A. Tedjowulan, K.P. Bambang Pradotonagoro, menilai sudah saatnya dilakukan persiapan regenerasi pengelolaan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Kita Harus Menjadi Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu, 5 Mei 2021. Esai ini karya Ardian Nur Rizki, guru di Sekolah Indonesia Luar Negeri Johor Bahru, Malaysia.

BTS Jadi Bintang Tamu di "Friends: The Reunion," Begini Respons Penggemar

BTS jadi bintang tamu di Friends: The Reunion.

Mantap! TSTJ Solo Zoo Siapkan Wahana Makan Durian di Tepi Danau

Pengelola Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Solo Zoo menyiapkan wahana baru makan durian di pinggir danau untuk menarik pengunjung pada Libur Lebaran 2021.

Korban Perahu Wisata Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali: 5 dari Juwangi, 4 Grobogan

Sebanyak sembilan orang menjadi korban kecelakaan perahu wisata terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021).

H+2 Lebaran, 11.700 Kendaraan ke Jateng Dipaksa Putar Balik

Sebanyak 11.700 kendaraan dari wilayah Jawa Barat (Jabar) yang menuju Jawa Tengah (Jateng) harus putar balik  pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021).

Patroli Objek Wisata Air Klaten, Polisi Tak Temukan Pelanggaran Protokol Kesehatan

Pengelola objek wisata air Klaten juga sudah menyiapkan alat pengeras suara untuk mengimbau ke seluruh pengunjung.

Arus Turun Wisatawan dari Tawangmangu dan Ngargoyoso Lancar

Arus turun kendaraan wisatawan dari Ngargoyoso dan Tawangmangu, Karanganyar terpantau lancar Sabtu (15/5/2021) sore.

Mas Abby Eks Napi Teroris Yang Kini Mahir Meracik Siomay, Jualan di Sukoharjo

Kristianto alias Mas Abby mantan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Malang kini berjualan siomay di sekitar kediamannya di wilayah Sukoharjo.

Lalu Lintas Wonogiri Ramai, Mayoritas Keluar Kota

Lalu lintas di jalan raya Wonogiri pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021) terpantau masih ramai, tetapi lancar. Kebanyakan kendaraan keluar dari Wonogiri.