SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meninjau lokasi tanah longsor di Desa Bantar, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Banjarnegara, Jateng, Selasa (16/1/2018). (Twitter-@humasjateng)

Bencana tanah longsor di Banjarnegara memicu Gubernur Jateng minta pendapat warganet demi mengatasinya.

Semarangpos.com, BANJARNEGARA – Bencana tanah longsor dan tanah bergerak yang mendera wilayah Desa Bantar, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng) memicu Gubernur Jateng Ganjar Pranowo untuk meninjaunya, Selasa (16/1/2018). Kegiatan itu kemudian diunggah Ganjar di akun Instagramnya, @ganjar_pranowo, demi menanyakan solusi untuk mengatasi tanah longsor di Banjarnegara kepada warganet.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

Berdasarkan keterangan yang didapat Ganjar, bencana seperti itu sudah dianggap sebagai peristiwa yang biasa terjadi oleh warga setempat. “Ironisnya, bencana ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat sekitar Banjarnegara,” tuils sang gubernur Jateng di akun Instagramnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Atas ironi bencana tanah longsor dan tanah bergerak di Banjarnegara itu, orang nomor wahid di lingkungan Pemprov Jateng tersebut meminta solusi kepada warganet di Instagram. “Ayo kasih usul saran dong untuk upaya pencegahan bencana ini? #Ganjarbertanya,” lanjut Ganjar Pranowo.

Kebanyakan warganet menyarankan agar wilayah rawan tanah longsor di Banjarnegara sudah sepatutnya kembali ditanami pohon sebagai penyangga tanah. Tak sedikit yang yang berharap agar tak terjadi lagi penebangan pohon secara besar-besaran di wilayah Banjarnegara. “Tanam yang banyak pohon-pohon berakar serabut, rawat sampai besar. Tanah-tanah dengan poisisi miring jangan dijadikan perkebunan,” tulis pengguna akun Instagram @fitriaartatiz.

“Jangan menebang pohon sembarangan,” timpal pengguna akun Instagram @ekmal_ge.

“Itu lahannya gundul karena longsor atau ditebang ya pak. Mungkin banyak tanam pohon berakar tunggang. Pohon-pohon kayu besar,” ungkap pengguna akun Instagram @adi_p.kurniawan.

Meski banyak yang menyarankan penanaman pohon, Ganjar tertarik dengan suatu saran tentang pemindahan warga dari lokasi yang sudah menjadi langanan bencana. Namun demikian, saran yang menarik perhatian Ganjar itu belum tentu bisa diterapkan.

Sementara itu, Humas Pemprov Jateng, melalui media sosial Twitter, mengabarkan Ganjar sebelumnya memang telah menginap di lokasi bencana demi memastikan semua warga mendapatkan bantuan yang dibutuhkan. Humas Pemprov Jateng mengungkapkan Pemprov Jateng akan memberikan bantuan senilai Rp132 juta ke wilayah yang didera bencana di Banjarnegara itu. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya