SOLOPOS.COM - Korban bencana banjir mengungsi di Gedung DPRD Kabupaten Brebes, Jateng, Jumat (17/2/2017).(JIBI/Solopos/Antara/Oky Lukmansyah)

Bencana dinilai mengancam dua kabupaten di Jateng yang kini dilabeli status darurat bencana.

Semarangpos.com, SEMARANG — Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah Sarwa Pramana mengungkapkan dua kabupaten di provinsi ini berstatus darurat bencana. Dua daerah yang sudah berstatus darurat bencana itu adalah Kabupaten Brebes dan Kabupaten Tegal,” katanya di Semarang, Jumat (17/2/2017).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia menjelaskan bahwa status darurat bencana yang dikeluarkan BPBD kabupaten setempat terkait dengan bencana banjir yang terjadi di dua daerah tersebut. BPBD Kabupaten Tegal menetapkan status darurat bencana 13-28 Februari 2017, sedangkan untuk BPBD Kabupaten Brebes mulai Kamis (16/2/2017) hingga 14 hari selanjutnya.

Ekspedisi Mudik 2024

“Selain dua daerah tersebut, banjir juga terjadi di Kota Semarang, Kota Tegal dan Kabupaten Karanganyar, Kudus, Pati, Boyolali, serta Sragen yang menyebabkan sejumlah warga mengungsi,” paparnya.

Pengungsi banjir di Kabupaten Brebes, kata dia, tercatat paling banyak di wilayah terdampak bencana Jateng, yakni mencapai sekitar 5.000 jiwa. “Banjir di Brebes terjadi akibat jebolnya tanggul Sungai Pemali di enam titik, bahkan ada satu titik yang jebolnya mencapai 30 meter,” katanya.

Terkait bencana banjir di beberapa daerah tersebut, BPBD Jateng menyalurkan dana siap pakai kebencanaan dari pemerintah pusat ke tiga daerah di Jateng yang dilanda banjir dengan nominal yang bervariasi antara Rp50 juta hingga Rp150 juta. Selain menyalurkan dana siap pakai kebencanaan, BPBD Jateng juga telah mengirimkan bantuan logistik dan mendirikan posko-posko darurat ke daerah-daerah terdampak banjir.

Sarwa memperkirakan hujan dengan intensitas tinggi akan terjadi hingga pertengahan Februari 2017 sehingga warga Jateng diminta untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai potensi bencana alam. Hampir semua wilayah di Jateng terkena imbasnya, kami minta semua warga waspada akan perubahan cuaca ekstrem di bulan ini,” ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya