SOLOPOS.COM - Warga sedang mengamati halaman rumah milik Sudarman di Dusun Soka, Mertelu, Gedangsari yang mengalami pergeseran akibat adanya pergerakan tanah, Rabu (15/2/2017). (Foto istimewa)

Bencana Gunungkidul terjadi berupa tanah bergerak

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Hujan deras yang mengguyur wilayah Gedangsari membuat tanah di Dusun Soka, Desa Mertelu, Gedangsari mengalami pergeseran. Akibatnya dua rumah yang ada di wilayah tersebut berpotensi longsor.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Informasi yang dihimpun Harianjogja.com, Rabu (15/2/2017), pergeseran tanah di Dusun Soka sejak 2013 lalu. Namun, sejak Senin (13/2/2017) lalu, pergeseran tanah semakin parah.

Hal itu terlihat dari kondisi bangunan. Selain membuat rumah bergeser sekitar 50 centimeter, kejadian tersebut juga membuat bangunan rumah mengalami retak-retak dan kondisi lantai ambles.

Akibat kejadian ini, keluarga Sugino pun memilih mengungsi ke tempat yang aman. Sedangkan keluarga Sudarman tetap tinggal di lokasi itu. “Mau tinggal di mana, karena rumah ini adalah satu-satunya yang kami miliki,” kata Sudarman kepada wartawan, kemarin.

Dia menjelaskan, pergerakan tanah yang terjadi dikarenakan hujan yang turun dalam intensitas tinggi dalam kurun waktu sepekan terakhir. Akibatnya di lokasi tersebut mulai terjadi pergeseran. Hal ini terlihat dari posisi tiang rumah yang berada di depan.

Awalnya tiang tersebut berdiri di dekat dengan jalan, namun sekarang sudah mengalami pergeseran.“Memang rumah saya masih terlihat bagus, tapi kalau dilihat dengan seksama sudah ada pergeseran ke kiri sekitar 50 centimeter,” ungkapnya.

Selain rumah yang bergeser, Sudarman mengakui di sekitar pekarangan yang dimiliki mulai terlihat lubang-lubang yang jumlahnya mencapai belasan titik. Adapun besaran maupun kedalaman lubang memiliki ukuran yang bervariasi.

“Saya tidak bisa memastikan lubang apa itu, tapi yang jelas kondisi ini membuat kami sekeluarga khawatir,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya