SOLOPOS.COM - Warga Dusun Ngipak, Desa Ngipak, Karangmojo, Gunungkidul, Selasa (8/11/2016) membersihkan sisa-sisa pohon tumbang yang merobohkan rumah milik Patmo Sudarmo. (Bhekti Suryani/JIBI/Hrarian Jogja)

Bencana Gunungkidul berupa angon kencang menyebabkan dua rumah roboh

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Dalam waktu semalam dua buah rumah di Gunungkidul rata dengan tanah akibat bencana angin kecang yang melanda wilayah ini pada Senin (7/11/2016) malam. Angin kencang diprediksi terjadi hingga Januari.

Promosi Santri Tewas Bukan Sepele, Negara Belum Hadir di Pesantren

Dua rumah roboh terjadi di Dusun Ngipak, Desa Ngipak, Karangmojo serta di Dusun Tempuran, Kampung, Ngawen, Gunungkidul. Di Dusun Ngipak, rumah milik Patmo Sudarmo, 70 rata dengan tanah setelah pohon Mindi menimpa rumah itu pada Senin malam sekitar pukul 18.30 WIB.

Beruntung rumah itu tengah kosong sehingga tidak ada korban jiwa akibat bencana tersebut.

“Yang punya rumah kakak saya, tinggal di Solo [Jawa Tengah]. Jadi yang tanggungjawab terhadap rumah itu saya. Rumah itu tengah kosong sebelumnya dikontrak, dan akan ditempati bulan depan ini. Untungnya belum ditempati,” kata Mulajan HR, 74, kakak dari Patmo Sudarmo pemilik rumah, ditemui di Ngipak Selasa (8/11/2016).

Sementara itu di Dusun Tempuran, Kampung, Ngawen, angin kencang merobohkan bangunan dapur milik Koyem, 70 pada Senin malam sekitar pukul 18.00 WIB. Bangunan dapur itu terpisah dari rumah induk.

“Karena angin kencang, bangunan itu rata dengan tanah. Jadi semalam ada dua rumah yang roboh,” kata Kepala Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul Budhi Harjo.

Beruntung kata dia, Koyem saat itu tengah berada di rumah anaknya yang bersebelahan dengan rumah roboh. “Saat itukan hujan deras angin kencang, jadi Bu Koyem ini mengamankan diri ke rumah anaknya. Sebenarnya dia tinggal sendiri di rumah itu,” tutur dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya