SOLOPOS.COM - Perahu menyeberangkan penumpang melintasi Bengawan Solo, wilayah Bojonegoro, Jatim. (JIBI/Solopos/Antara/Slamet Agus Sudarmojo)

Bencana Bojonegoro diantipasi dengan terus memantau ketinggian air Sungai Bengawan Solo.

Madiunpos.com, BOJONEGORO – Hujan yang terjadi wilayah hulu Sungai Bengawan Solo membuat Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Sungai Bengawan Solo di Bojonegoro mulai mewaspadai kenaikan air sungai terpanjang di Pulau Jawa itu, Jumat (25/11/2016).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Hujan dari daerah hulu Ponorogo juga hujan lokal Bojonegoro dan sekitarnya mengakibatkan kenaikan air Bengawan Solo dengan cepat,” kata Petugas Posko UPT Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Bengawan Solo di Bojonegoro, Jayadi, Jumat.

Ekspedisi Mudik 2024

Ia menyebutkan ketinggian air Bengawan Solo di Ndungus, Ngawi, terus merangkak naik menjadi 7,75 meter (siaga kuning), Jumat pukul 07.00 WIB, yang sebelumnya empat jam lalu 6,90 meter (siaga hijau).

“Kenaikan air Bengawan Solo di Ndungus, Ngawi, dipengaruhi hujan di daerah Ponorogo dan sekitarnya,” kata dia dibenarkan Petugas UPT Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Bengawan Solo di Ngawi, Andik.

Menurut dia, ketinggian air pada papan duga di Karangnongko, Kecamatan Ngraho juga di Bojonegoro, meningkat dengan cepat, meskipun masih di bawah siaga banjir. “Kenaikan air Bengawan Solo di Bojonegoro cukup cepat sekarang sudah hampir siaga dengan ketinggian 11,87 meter pukul 09.00 WIB,” jelas dia.

Hal serupa juga terjadi di daerah hilir Jawa Timur, lainnya, mulai Babat, Laren, Karanggeneng dan Kuro, Lamongan, dalam waktu bersamaan sebagian di antaranya, sudah masuk siaga banjir.

Sesuai data ketinggian air bengawan Solo di Babat, masih di bawah siaga banjir, tetapi di Laren sudah mencapai 4,74 meter (siaga hijau), Karanggeneng 3,53 meter (siaga hijau), dan Kuro 1,69 meter (siaga hijau).

“Kenaikan air Bengawan Solo di hilir Jawa Timur, disebabkan pengaruh hujan lokal,” ucap dia.

Kepala UPT Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Bengawan Solo di Bojonegoro, Hirnowo, sebelumnya menjelaskan berbagai persiapan menghadapi ancaman banjir Bengawan Solo dilakukan dengan menyediakan berbagai kebutuhan.

“Kami siap menghadapi banjir luapan Bengawan Solo. Bagi desa yang membutuhkan bahan penahan banjir seperti karung, bronjong, karena ada tanggul jebol bisa mengajukan permintaan bantuan,” tambah dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya