SOLOPOS.COM - Warga bergotongroyong memperbaiki kerusakan akibat angin kencang di RT 08 Dusun Wojo, Desa Bangunharjo, Selasa (21/11/2016) pagi. (Arief Junianto/JIBI/Harian Jogja)

Bencana Bantul berupa hujan dan angin kencang yang terjadi pada Senin (20/11/2016) menyebabkan kerusakan di 10 lokasi

Harianjogja.com, BANTUL-Hujan deras disertai angin kencang melanda Jogja, Senin (20/11/2016) petang lalu ternyata berimbas pula hingga wilayah Bantul. Sejumlah titik di wilayah Desa Bangunharjo porak poranda akibat hujan deras dan angin kencang berdurasi sekitar 1 jam itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dari hasil pantauan di lapangan, tercatat setidaknya ada 10 titik yang mengalami kerusakan parah. Sedangkan sisanya, puluhan titik mengalami rusak ringan.

Ekspedisi Mudik 2024

Sulistyanto, Koordinator Lapangan Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul membenarkan hal tersebut. Ketika ditemui di sela kegiatannya mengevakuasi batang pohon yang tumbang menimpa rumah warga di RT 08 Dusun Wojo, Desa Bangunharjo, Selasa (21/11/2016) pagi, ia menegaskan bahwa angin kencang yang terjadi Senin (20/11/2016) petang itu bukanlah angin puting beliung.

Dijelaskannya, arah pergerakan angin berasal dari utara menuju selatan. Itulah sebabnya, tingkat kerusakan terparah memang ada di wilayah Kota Jogja. “Sedangkan di wilayah Bantul memang hanya mengalami dampak sisa kekuatan angin itu saja,” katanya.

Dari hasil penyisiran yang dilakukannya Selasa (21/11/2016) pagi, ia mendapati 9 titik lokasi yang mengalami kerusakan akibat terjangan angin itu. Tiga diantaranya  merupakan pohon tumbang yang menimpa bangunan dan rumah milik warga.

Ketiga titik yang dimaksudkannya itu masing-masing ada di RT 03 Ngancar, RT 07 dan RT 08 Saman, serta RT 08 Wojo. “Di tiga titik itu ada lima unit rumah dan 1 unit kandang ternak tertimpa pohon, serta satu pabrik briket,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya