SOLOPOS.COM - Petugas BPBD Bantul tengah melakukan evakuasi pohon yang tumbang di kawasan Dusun Tegalharjo Desa Bawuran, Kecamatan Pleret, Jumat (18/11). Pasca hujan deras disertai angin yang terjadi sekitar pukul 15.00, sejumlah pohon tumbang di dua titik Desa Bawuran. Selain menutup akses jalan desa, sebuah pohon tumbang menimpa bagian depan bangunan PAUD Terpadu Muslimat NU di Dusun Bawuran II . (Harian Jogja/Arief Junianto)

Bencana Bantul mengancam terutama di empat kecamatan

Harianjogja.com, BANTUL-Empat wilayah di Bantul masuk dalam peta rawan bencana akibat tingginya intensitas hujan. Ketiga wilayah itu masing-masing Kecamatan Kasihan, Sewon, Banguntapan, dan Piyungan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul Dwi Daryanto mengatakan, pemetaan itu diperolehnya berdasarkan laporan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) DIY. Dikatakannya, curah hujan di wilayah-wilayah itu bisa mencapai 150-300 mm.

Ekspedisi Mudik 2024

Penyebab cuaca ekstrem adalah pemanasan di laut selatan dengan temperatur 1,5-2 derajat Celcius yang mengakibatkan banyak penguapan, membentuk awan dan berpotensi turun hujan, kandungan uap air di Jogja juga masih tinggi yakni 70-90%.

Belum lagi ditambah dengan adanya pergerakan arah angin di Pulau Jawa, yakni terdapat daerah pertemuan angin yang berdampak pada kenaikan massa udara naik ke atas kemudian membentuk awan lalu hujan. “Saya harapkan masyarakat tetap waspada,” katanya, Minggu (27/11/2016).

Selain itu, ia pun mengimbau kepada masyarakat untuk tidak begitu saja percaya terhadap kabar terkait cuaca yang beredar di media sosial. Bagi masyarakat yang berada di wilayah rawan bencana, dampak kabar burung di media sosial itu bisa menjadi sangat fatal. “Jangan percaya kalau kabar itu bukan dari BMKG,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya