SOLOPOS.COM - Logistik bantuan bencana (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, SEMARANG — BPBD Jawa Tengah telah mengirimkan bantuan logistik kepada korban bencana tanah longsor di Banjarnegara. Namun seiring bencana yang terjadi Jumat (12/12/2014) petang, bantuan itu masih belum menyentuh seluruh korgban bencana di Banjarnegara.

Kepala Pelaksana Harian (Kalahar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah (Jateng), Sarwa Pramana mengatakan logistik  telah dikirimkan melalui BPBD Banjarnegara. “Kami juga membuka dapur umum di beberapa lokasi untuk memenuhi kebutuhan makanan warga yang mengungsi,” katanya di Semarang, Jumat siang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jumlah pengungsi mencapai ratusan jiwa yang tersebar di beberapa titik antara lain di Dusun Pencil Desa Karangtengah Kecamatan, Wanayasa sekitar 139 jiwa. Di Dusun Wadas Pandansari, sekitar 72 jiwa, Desa Dawuhan sekitar 70 jiwa, Dusun Ngasinan, Desa Pejawaran 46 jiwa, dan Desa Sijeruk Banjarmangu 13 KK.

“Warga yang mengungsi kebanyakan tinggal di tempat sudara dan kerabatnya. Tidak ditempat pengungsian,” ungkap Sarwa.

Di samping itu, lanjut dia, telah meminta bantuan alat berat kepada Dina Bina Marga Jateng guna melakukan pengerukan tanah yang menutupi akses sejumlah jalan. Menurut Sarwa jalan provinsi penghubung Banjarnegara-Pekalongan di Kecamatan Karang Kobar sudah bisa dilalui kendaraan. “Jalan provinsi di Karang Kobar mulai tadi pagi [Jumat kemarin] sudah dibuka dan dilalui kendaraan,” tandasnya.

Sedang untuk jalan nasional Wonosobo-Banjanegara dan sejumlah jalan kabupaten yang tertutup material tanah longsor masih dilakukan pembersihan. Sarwa menambahkan lokasi tanah longsor sudah tidak memungkinkan lagi untuk ditempati warga, karena kondisinya berbahaya. “Warga nantinya akan direlokasi ke tempat lain yang lebih aman,” tandasnya.

Seperti diberitakan sekitar sekitar 67 lokasi di Banjarnegara, Kamis (11/12/2014), terkena bencana longsor yang mengakibatkan 54 rumah milik warga rusak berat. Seorang warga juga dinyatakan meninggal dunia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya