Bencana Angin Kencang Karanganyar Rusak Atap Rumah dan Kanopi Pasar Jatipuro
Warga bekerja bakti membersihkan puing-puing robohan kanopi di Pasar Jatipuro, Karanganyar, Senin (16/3/2020). (Istimewa/Murseno)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Bencana alam hujan deras disertai angin kencang menerjang wilayah Kecamatan Jatipuro, Karanganyar, menyebabkan atap beberapa rumah dan kanopi Pasar Jatipuro rusak dan roboh, Senin (16/3/2020).

Tak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut. Camat Jatipuro, Murseno, mengatakan saat itu hujan deras dan angin kencang melanda wilayahnya dalam durasi cukup lama.

Salah satu yang terdampak parah adalah kanopi kios Pasar Jatipuro yang menghadap ke timur. Kanopi di atas empat kios tersebut roboh.

“Kejadiannya sekitar pukul 14.30 WIB. Sedangkan hujannya dari pukul 14.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Kanopinya jadi roboh,” ucap dia kepada Solopos.com, Selasa (17/3/2020).

Banjir TKI Pulang Kampung, ODP Corona di Sragen Melonjak Jadi 65 Orang

Saat bencana angin kencang melanda pasar tradisional di Karanganyar itu, aktivitas pedagang sudah tidak ada karena kebanyakan kios sudah tutup. Jadi tidak ada korban jiwa maupun luka.

Setelah kejadian tersebut, dia langsung mengirimkan tim tanggap bencana Kecamatan Jatipuro untuk mengecek lokasi. Dia dibantu beberapa pihak kemudian membereskan puing-puing robohan kanopi.

BPBD Kerahkan Personel Untuk Bersihkan Kanopi Pasar

Selain itu, dia juga sudah melaporkan kerusakan pasar akibat bencana angin kencang tersebut ke Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi (Disdagnakerkop) dan UKM Karanganyar.

Tambah! 20-an Warga Tracing Suspect Corona Solo Jalani Karantina Mandiri

“Kami kan punya tim tanggap bencana juga, jadi saat itu dibantu masyarakat, BPBD, polisi dan TNI juga langsung kerja bakti. Sekarang sudah bersih semua karena cepat sekali kemarin,” imbuh dia.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Bambang Djatmiko, mengatakan setelah mendapat laporan bencana angin kencang itu langsung mengerahkan personel dan kerja bakti untuk merapikan sisa robohan kanopi.

“Kemarin seperti biasa langsung kami tindak lanjuti dan kami langsung kerja bakti,” papar dia.

Bupati Boyolali Sempat Sesumbar Bebas Corona, 1 Warganya PDP Covid-19

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com, selain robohnya kanopi Pasar Jatipuro, dua rumah milik Suyono, 58, warga Dusun Pung Wetan RT 016/ RW 006 Ngepungsari dan Sukino, 55, warga Sindon RT 003/ RW 002, Jantiharjo, Jatipuro, juga rusak akibat tertimpa pohon.

Rumah keduanya rusak di bagian atap dan belum diketahui kisaran kerugian yang dialami. Beruntung tak ada korban jiwa akibat kedua rumah tersebut tertimpa pohon.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho