SOLOPOS.COM - Ilustrasi angin kencang (JIBI/Solopos/Dok.)

Meski tidak menimbulkan jatuhnya korban dalam peristiwa tersebut, masyarakat diminta untuk tetap waspada.

Harianjogja.com, SLEMAN– Angin kencang yang melanda sejumlah wilayah Sleman pada Jumat (23/9/2016) petang menyebabkan pepohonan tumbang. Meski tidak menimbulkan jatuhnya korban dalam peristiwa tersebut, masyarakat diminta untuk tetap waspada.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, Makwan menjelaskan, sejumlah pohon bertumbangan. “Titik lokasi tumbangnya pohon akibat angin kencang berada di sejumlah lokasi,” jelas Makwan, Jumat (23/9/2016).

Dia menyebut, tumbangnya sejumlah pepohonan berada di wilayah Pangukan, Cibuk Lor, dan Jongke Lor Desa Tridadi (Sleman), Plaosan dan Sanggrahan Desa Tlogoadi (Mlati). Selain itu, pohon tumbang juga terjadi di Dusun Jaban Sendangadi dan Warak Lor Sumberadi keduanya di Mlati. “Kami juga mencatat pohon tumbang terjadi di Dusun Klelen Trimulyo Sleman. Pohon Sengon melintang di jalan,” ungkapnya.

Menurut Makwan, selain tumbang dan menghalangi akses jalan warga, pohon-pohon yang tumbang juga banyak yang menimpa kabel listrik PLN. Akibatnya, sejumlah aliran listrik ke warga sempat putus. “Tidak ada laporan pohon-pohon yang tumbang menimpa rumah warga. Jadi tidak ada korban luka maupun jiwa dalam peristiwa tersebut,” kata Makwan.

Di Dusun Brengosan Donoharjo Kecamatan Ngaglik, dilaporkan juga angin kencang merobohkan kandang ayam. Makwan mengingatkan agar warga selalu waspada dan berhati-hati selama musim pancaroba saat ini. Pasalnya, selaih potensi hujan lebat dan angin, warga juga diharapkan mewaspadai ancaman luapan air sungai baik yang berhulu di Gunung Merapi maupun sungai-sungai kecil di sekitar pemukiman penduduk.
“Kalau hujan lebat terjadi di wilayah hulu, itu bisa memicu peningkatan debit air di kawasan hilir secara mendadak. Jadi tetap harus waspada,” ajaknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya