SOLOPOS.COM - Bupati Pacitan, Indartato, anggota Forpimda Pacitan, dan anggota DPRD Pacitan saat mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-71 di gedung DPRD Pacitan, Selasa (16/8/2016). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Bencana alam Pacitan, dana kebencanaan habis Bupati Pacitan minta bantuan gubernur dan presiden.

Madiunpos.com, PACITAN — Bupati Pacitan, Indartato, mengajukan bantuan kepada Gubernur Jawa Timur, Sukarwo dan pemerintah pusat untuk membantu warga yang tertimpa musibah tanah longsor di Pacitan beberapa waktu lalu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Langkah ini dilakukan karena Pemkab Pacitan sudah kehabisan dana untuk menanggulangi bencana alam di kabupaten yang berjuluk Kota 1001 Goa ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, ada 106 rumah yang rusak dan empat rumah mengalami roboh rata dengan tanah akibat terjangan tanah longsor yang terjadi di tujuh kecamatan di Pacitan. Saat ini Pemkab Pacitan belum bisa memberi bantuan karena dana kebencanaan sudah habis.

“Kami mengakui kemampuan Pemkab Pacitan memang terbatas. Saya rasa bencana alam berupa tanah longsor yang terjadi beberapa waktu lalu merupakan bencana dengan jumlah rumah rusak paling banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” kata Indartato kepada wartawan seusai mengikuti Sidang Paripurna Istimewa dengan mendengarkan pidato kenegaraan dari Presiden RI Joko Widodo di Gedung DPRD Pacitan, Selasa (16/8/2016).

Dia mengatakan akan mengirim permohonan kepada Gubernur Jatim dan pemerintah pusat untuk memberikan bantuan kepada wraga Pacitan yang terkena musibah. Permohonan bantuan akan diupayakan untuk logistik dan bantuan pembangunan rumah, karena ada beberapa warga yang rumahnya sudah tidak bisa ditempati.

“Kemampuan kami terbatas, sehingga kami tidak bisa membekap seluruh bantuan untuk warga yang menjadi korban bencana alam. Bantuan sembako akan kami utamakan, selain itu bantuan berupa uang tunai juga akan diusahakan supaya meringankan beban korban bencana alam,” terang Indartato.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Pacitan, Pujono, menyampaikan Pemkab Pacitan sudah memberikan bantuan senilai Rp1 juta/keluarga untuk empat keluarga yang rumahnya rata dengan tanah. Selain itu, korban bencana alam tanah longsor yang terjadi beberapa waktu lalu juga akan mendapatkan bantuan sosial kebencanaan senilai Rp3 juta/rumah untuk rumah yang rusak berat, Rp2 juta/rumah untuk rumah yang rusak sedang, dan Rp1 juta/rumah untuk rumah yang rusak ringan.

Dia menyampaikan bantuan sosial kebencanaan tersebut belum diberikan kepada korban bencana alam karena saat ini anggaran tersebut sudah habis. Saat ini pihaknya sedang mengusulkan untuk bantuan tersebut di APBD Perubahan 2016.
Bencana Alam Pacitan, Bupati Pacitan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya