SOLOPOS.COM - Korban selamat Topan Haiyan di Filipina (JIBI/dok)

Solopos.com, JAKARTA–Tidak ada Warga Negara Indonesia (WNI) dilaporkan menjadi korban badai Haiyan yang melanda kawasan Utara negara kepulauan Filipina, Jumat (8/11/2013).

Menurut informasi yang diterima ANTARA dari Direktur Informasi dan Media, Kementerian Luar Negeri RI, Siti Sofia, kebanyakan para WNI bertempat tinggal di kawasan Metro Manila, jadi tidak terlalu terkena dampaknya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Tercatat ada 30 mahasiswa Indonesia bertempat tinggal di kawasan Cebu, salah satu daerah yang terkena dampak parah dari badai tersebut,” ujar Sofi di Jakarta, Selasa (11/11/2013).

Ia mengatakan 16 dari ketiga puluh mahasiswa Indonesia tersebut sedang berlibur di tanah air, sedangkan sisanya dalam keadaan aman berdasarkan informasi yang diterima dari Kedutaan Besar RI (KBRI) Manila.

“Keempat belas mahasiswa tersebut dalam kondisi aman dan masih dalam pantauan KBRI Manila,” tambah Sofi.

Jumlah WNI yang tinggal di Filipina berdasarkan catatan Kementerian Luar Negeri RI hingga saat ini tercatat sebanyak 6.451 orang.

Akibat topan Haiyan tersebut, diperkirakan sebanyak 10.000 orang meninggal dan ratusan penduduk kehilangan tempat tinggal.

Topan yang menerjang seluruh Filipina pada Jumat (8/11) merupakan salah satu topan paling kuat yang pernah terjadi sehingga meninggalkan jalur kerusakan di beberapa pulau di Filipina Tengah.

Daerah Tacloban yang berada di pinggir laut menjadi kota puing akibat keganasan topan tersebut.

Sementara itu, ketika dikonfirmasi mengenai bantuan Indonesia dalam membantu pemerintah Filipina mengatasi bencana nasional ini, pihak Kemenlu masih menunggu koordinasi lebih lanjut dari BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), tambah Sofi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya